Kemenag Buka Kursus Intensif Bahasa Asing Program Penunjang 5000 Doktor

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) kembali membuka Kursus Intensif Bahasa Asing Program Penunjang 5000 Doktor 2016.

Program ini ditujukan untuk Dosen Tetap (PNS dan Bukan PNS) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Dosen Tetap di Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU), Tenaga Kependidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), dan PNS pada Unit Eselon I Kementerian Agama (Pusat).

Dengan program ini, Kemenag berharap, kemampuan berbahasa para dosen, tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) serta PNS pada Unit Eselon 1 Kemenag Pusat dapat meningkat, sehingga mereka dapat melanjutkan studi S3 ke Perguruan Tinggi Luar Negeri melalui Program 5000 Doktor.

Dalam petunjuk teknis yang dirilis Kemenag pada 3 Oktober 2016 dijelaskan, ada dua jenis kursus yang diselenggarakan, yaitu kursus bahasa Inggris dan kursus bahasa Arab Intensif, masing-masing selama enam bulan.

Bagi yang berminat, dapat segera mendaftarkan diri dengan persyaratan mendapat surat tugas dari atasan langsung (Dekan/Kajur) atau Direktur (Eselon II), 2) Rekomendasi dari Rektor/Ketua atau pimpinan unit kerja (Eselon I), Ijazah dan transkip nilai asli  (S-1 dan S-2) discan dalam 1 (satu) file, Sertifikat bahasa asing (TOEFL, IELTS, TOAFL/sertifikat lain yang dikeluarkan oleh lembaga yang kredible) dalam 3 tahun terakhir, fotokopi buku rekening Bank Mandiri atau BNI, Usia maksimal 45 tahun (sertakan fotokopi KTP), fotokopi NPWP, SK Kepegawaian terakhir, Menandatangani Surat Pernyataan kesedian mengikuti kursus di atas materai Rp.6.000, (dapat diunduh/klik di http://scholarship.kemenag.go.id/templates.php, dan Surat Keterangan Rekening Aktif dari Bank (bila dinyatakan lolos seleksi).

Sedangkan untuk prosedur pendaftaran program, jadual kegiatan, komponen bantuan dan informasi lainnya, dapat dilihat secara lengkap di http://scholarship.kemenag.go.id/juknisBaahasa16.php. (mf)