Kembangkan Studi Islam, UNISZA Teken MoU dengan UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online–Tempat pukul 11.20 WIB, Senin (10/9), bertempat di ruang rektor, Universiti Sultan Zaenal Abidin (UNISZA) Kuala Trengganu, Malaysia, menandatangani nota kesepakatan kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan UIN Jakarta dalam bidang pertukaran dosen senior, penelitian,  pengiriman dosen, dan kerjasama lainnya.

Penandatanganan MoU dua perguruan tinggi itu dilakukan langsung oleh Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat dan Pembantu Rektor Bidang Pengembangan Lembaga dan Kerjasama Dr Jamhari MA, mewakili UIN Jakarta. Sedangkan dari UINSZA diwakili oleh Wakil Rektor Prof Dr Alias Bin Daud dan Dekan Fakultas Agama Islam Dr Engku Ahmad Zaki Bin Engku Alaoy.

Menurut Prof Alias, UNISZA memilih kerjasama dengan UIN Jakarta, karena kampus ini memiliki pengalaman yang cukup lama dalam mengembangkan studi Islam. ‘’Kalau di sini (UIN Jakarta) ada pakar Alquran boleh membantu kita,’’ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ungkap dia, pihaknya berharap pengalaman UIN Jakarta menjalin kerjamasa dengan Univirsitas Al-Azhar Mesir, dapat dicontoh oleh UNISZA. Pasalnya, UNISZA sudah beberapa kali ingin melakukan MoU dengan Al-Azhar, namun belum tercapai.

Sementara Dr Zaki menambahkan, untuk kepentingan pengembangan studi Islam itu pula, pihaknya berharap UIN Jakarta dapat berbagi pengalaman menjalin kerjama dengan Al-Azhar.‘’UIN Jakarta punya hubungan yang baik dengan Al-Azhar. Bagaimana hal itu kita melakukannya. Karena selama ini kita susah melakukannya,’’ujar Dr Zaki.

Menanggapi hal tersebut, Prof Dr Komaruddin menjelaskan, perjalanan dan proses MoU antara UIN Jakarta dengan Al-Azhar sangat panjang. ‘’Untuk menjalin kerjasama itu, di sini dibuka faultas yang khusus tafaqquh fi al-din. Tapi kita juga memberikan kesempatan kepada fakultas lain untuk extended pada masalah keislaman, dengan porsi yang berbeda,’’katanya.

Pada acara tersebut sejumlah dekan dan pembantu dekan turut hadir dan menyaksikan penandatanganan MoU,  antara lain, Dekan Fakultas Adab-Humaniora (FAH) Dr Abdul Wahid Hasyim MA, Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) Prof Dr Abuddin Nata MA, Dekan Fakultas Ushuluddin Prof Dr Zaenun Kamal, Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM) Dr Arief Subhan MA, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (d antariksa /Saifudin)