Konservasi Energi

Sebagai universitas yang memiliki komitmen kepada pengelolaan energy secara efisien, UIN Jakarta menetapkan berbagai anjuran untuk menghasilkan kesadaran kultural atas pengelolaan dan pemanfaatan energy yang dibutuhkan sehari-hari. Seluruh insan akademik kampus merupakan bagian dari masyarakat luas. Jika mereka terbiasakan di kampus untuk memiliki perhatian lebih kepada pemanfaatan energy secara efisien, diharapkan perilaku ini bisa menular ketika mereka berinteraksi dengan masyarakat.

UIN Jakarta menginginkan komitmen kepada pengelolaan lingkungan bukan merupakan agenda yang bersifat structural, tetapi kultural. Sehingga visi untuk ini dilaksanakan dalam gerakan-gerakan yang diinternalisasikan dalam keseharian.

Program energy saving dilakukan dalam beragam bentuk, antara lain:

A. Kampanye Berperilaku Hemat Energi

Kampanye hemat energy dilakukan mulai dari pemasangan berbagai poster yang berupa himbauan untuk berjalan kaki selama di dalam kampus, naik tangga, mematikan listrik jika sedang tidak dipergunakan, arsitek bangunan yang ramah energy, sampai kepada kampanye menanam pohon.

B. Aksi dalam #AksiNyata

Selain yang sifatnya kampanye, kampus juga melakukan berbagai aksi nyata yang terkait dengan program energy saving ini, yaitu:

  • Setiap mahasiswa yang akan lulus, diharuskan menyumbang minimal satu batang pohon. Sumbangan pohon ini kemudian didisribusikan kampus ke berbagai lokasi, seperti Cikuya, masyarakat sekitar kampus, dan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN;
  • Setiap mahasiswa yang akan melaksanakan KKN diwajibkan menyumbang pohon dan ditanam di lokasi-lokasi KKN;
  • Ke depan, agenda ini sedang didesain menjadi program untuk mahasiswa baru agar memiliki pohon yang mereka tanam di lingkungan masing-masing.
Share This