Foto Web

Karnaval Muharram menjadi pembuka rangkaian kegiatan Semarak al-Qur’an yang digelar oleh HIQMA UIN Jakarta pada miladnya yang ke-28, Ahad (16/10/16), dibuka Warek Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak MA.

Ciputat, BERITA UIN Online–Dalam rangka memperingati milad ke-28, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Qori dan Qoriah Mahasiswa (HIQMA) UIN Jakarta menggelar kegiatan Semarak al-Quran selama sepekan pada 16-21 Oktober 2016.

Dalam kegiatan bertema “Damai Bersama al-Quran” ini dimeriahkan dengan beberapa rangkaian kegiatan, seperti Karnaval Muharram, Khataman Akbar (Khatmil Quran) 28 kali, Tabligh Akbar, Seminar Nasional dan Malam Puncak.

Karnaval Muharram yang dilaksanakan dengan jalan sehat bersama pada Ahad pagi (16/10/16) ini menjadi kegiatan pertama sebagai pembuka rangkaian kegiatan Milad HIQMA. Berkesempatan membuka acara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak MA.

Dalam sambutannya, Yusron menyampaikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini. Selain menimba ilmu, mahasiswa juga sangat diajurkan untuk rajin membaca, mempelajari, dan mengamalkan kandungan al-Qur’an .

“Al-Qur’an sebagai hudan lin naas (petunjuk bagi manusia). Kitab suci ini bukan hanya sekedar dibaca, tapi harus dipahami isinya dan diamalkan ajarannya. Semoga acara-acara seperti ini dapat membangkitkan kembali semangat kita untuk mencintai al-Qur’an,” ujar Yusron yang juga turut bergabung dengan peserta dalam kegiatan jalan sehat tersebut.

Selain diikuti oleh sekira 200 peserta mahasiswa, pengurus UKM, siswa TPA Yayasan al-Matin, turut hadir beberapa instansi di lingkungan UIN Jakarta.

Ketua HIQMA Kurnia Yuha Izvana menjelaskan, karnaval kali ini selain sebagai rangkaian milad, juga untuk memperingati tahun baru Islam 1438 H. Untuk rute karnaval, lanjutnya, dari kampus UIN Jakarta melewati jalan Ir H Juanda Ciputat sampai lampu merah Situ Gintung dan kembali ke UIN Jakarta.

“Kita bekerja sama dan meminta bantuan kepada Kepolisian Sektor Ciputat dan Dinas Perhubungan Ciputat timur, sehingga lalu lintas tidak terganggu dan lancar,” ujar Kurnia.

Setelah jalan santai, lanjutnya, panitia mengadakan pembagian door prize berupa alat tulis, sembako, al-Qur’an, DVD Tafsir al-Qur’an, dan Buku Jantung Qur’an.

Kurnia berharap, rangkaian acara milad lainnya sebagai bentuk mengkampuskan al-Qur’an dapat berjalan lancar sebagaimana Karnaval Muharram yang mendapat respon positif dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari berbagai kalangan, baik dari pimpinan UIN Jakarta, UKM, Kapolsek Ciputat, Dishub Ciputat, mahasiswa, maupun masyarakat sekitar kampus. Semoga kedepan acara ini lebih meriah lagi dan al-Qur’an lebih syiar lagi di kampus ini dan lingkungan sekitar,” pungkasnya. (mf)

Share This