“Kami Melayani, Menggerakkan, dan Mengabdikan”

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Pusat Laboratorium Terpadu (PLT) merupakan wadah untuk menyelenggarakan praktikum dan riset bagi sivitas akademika UIN Jakarta. PLT juga “kawah candradimuka” untuk menyiapkan sarjana yang mumpuni secara akademis dan mempunyai keterampilan yang kompetitif, berkualitas, serta profesional. Banyak keunggulan yang dimiliki PLT, terutama hasil riset mahasiswanya. Bahkan, PLT juga tengah menyiapkan diri menjadi lembaga pengkajian halal. Untuk mengetahui selengkapnya berikut petikan wawancara Lindah dari UIN Online dengan Kepala Pusat Laboratorium Terpadu Dr. Mirzan Thabrani Razzak, M. Eng, APU di ruang kerjanya, Jumat (6/12).

Apa keunggulan yang dimiliki PLT?

Keunggulan yang kami miliki yaitu beragamnya karya-karya research mahasiswa. Ini terbukti dari proposal yang diajukan, alat yang digunakan, hasil fisik, hingga pada jurnal yang disusun bersama. Hingga saat ini banyak temuan yang telah diuji coba oleh mahasiswa setelah mempelajari teorinya. Seperti, mengolah sampah menjadi pupuk, mengolah biji jarak menjadi minyak biodisel, pembuatan tepung tapioca, dan masih banyak lagi. Di samping itu, kami pun saling bersinergi dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM). Ini merupakan tindak lanjut PLN Corporate Social Responcibility (CRS) yang bekerja sama dengan LEMLIT, LPM, dan PLT. Mengingat kita punya teknologi, maka kita ciptakanlah sebuah temuan baru yaitu instalasi minyak cylin. Upayanya yaitu warga dianjurkan menanam pohon axcylin yang berguna untuk menyerap aliran listrik bagi warga yang bermukim atau tinggal di bawah listrik tegangan tinggi atau sering disebut dengan sutet. Ini merupakan salah satu peran PLT untuk meningkatkan kualitas mahasiswa.

Apakah ada peran yang lain?

Ya, tentu ada. Peran yang sangat signifikan yaitu melayani kebutuhan mahasiswa, khususnya praktikum. Mulai dari fasilitasnya, petunjuk penggunaannya, sampai kepada perawatannya. Pada dasarnya memang kami sifatnya melayani, menggerakkan, dan mengabdikan. Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang telah disepakati bersama bahwa dengan pelayanan ini diharapkan mahasiswa menjadi terampil, berbekal pengetahuan dan teknologi, berkualitas serta mampu mengintegrasikan kemajuan sains dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan umat.

Upaya apa yang telah dilakukan untuk mencapai harapan tersebut?

Upaya yang sudah kami lakukan yaitu memfasilitasi praktikum mahasiswa. kini kami memiliki delapan Laboratorium. Di antaranya Laboratorium Bidang Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Pangan, Lingkungan , Agribisnis dan ICT. Sebagai pelengkap kami pun menciptakan Laboratorium Bidang Workshop Mekanik. Laboratorium ini berfungsi untuk Training Mekanik, Perbaikan Mekanik, Penelitian, dan Pengembangan I Scale-Up Experiment. Semua fasilitas yang kami sediakan berguna untuk perkembangan intelektual mahasiswa. Sebab semua ini mempunyai nilai peran penting untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan PLT.

Apakah ada fasilitas lain?

Ya, ada. Kami menyediakan fasilitas yang mendukung Seperti adanya Faraday Effect Experiment, Basic Electronics Experiment, X-ray Diffractometer, Food Chemistry laboratory, Distillations Apparatus, Tissue Culture Experiment, Biology Experiment, Computer Multimedia, Networking Laboratory, dan Green House. Selain fasilitas, kami pun menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendukung guna mengembangkan kemampuan peneliti-peneliti muda yang insya Allah di kemudian hari menjadi peneliti dan ilmuan yang handal.

Bagaimana merealisasikannya?

Merealisasikannya yaitu dengan cara melibatkan warga atau masyarakat setempat. Seperti contoh penelitian yang sedang kami laksanakan. Yang tadi sudah kita bahas bersama yaitu penanaman pohon axcylin. Warga tempat kami meneliti, difasilitasi mulai dari bibitnya, alat-alatnya, ongkos perawatannya. Ini berguna agar mahasiswa termotivasi untuk melakukan research di lingkungan umum dan dapat menciptakan ide-ide dan gagasan baru. Selain itu, kami juga sedang menggerakkan culture jaringan agar mahasiswa semakin berkembang potensinya dan terlibat di masyarakat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa benar-benar mendapatkan manfaat dan kami pun dapat menunaikan amanah.

Apakah ada upaya untuk menjadi lembaga pengkajian halal?

Sudah tentu ada. Salah satunya yaitu pada beberapa pekan yang lalu, kita mengadakan Seminar Internasional. Seminar ini dihadiri langsung oleh MUI, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, tokoh peneliti dari Malaysia dan dari Filiphina. Seminar ini bertujuan untuk mengkaji tentang tingkat kehalalan apa yang telah, sedang, dan yang akan kami teliti.

Harapan Anda untuk PLT ke depan?

Harapan kami untuk mahasiswa agar terus berkarya selagi muda. Sebab, ini salah satu modal mahasiswa untuk berkiprah di dalam maupun di luar negeri. Dan harapan kami untuk UIN Jakarta, hasil dari penelitian baik mahasiswa maupun dosen, ditampilkan di website agar dapat dikonsumsikan dan dinikmati hasil karya kami oleh orang banyak, baik untuk intern maupun ekstern UIN Jakarta. Ini merupakan salah satu ladang amal kita dalam berbagi keilmuan. Dan ini salah satu bukti bahwa telah terwujudnya UIN Jakarta sebagai Research University. Semoga tercapai. Amin. []