Kalacitra Gelar Pameran Foto

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Apristia Krisna Dewi.

Gedung  FITK, BERITA UIN Online - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Mahasiswa Fotografi (KMF) Kalacitra menggelar pameran susur foto siswa angkatan VIII bertajuk ‘MOMent’. MOMent berasal dari ‘Mom’ (ibu) dan ‘Moment’ (peristiwa). Artinya pameran ini mengungkap segala peristiwa secara visual melalui media foto yang dialami para ibu dan wanita di Indonesia. Pameran berlangsung di Lobby Barat, Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan akan berlangsung selama enam hari, Senin- Sabtu (10-15/1).

Pameran dibuka Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Ahmad Thib Raya yang ditandai pengguntingan pita foto. Dalam sambutannya, Thib mengatakan menjadi potografer yang handal tidaklah mudah. Harus melalui dua tahap yakni motivasi dan berlatih.

“Pada tahap berlatih misalnya pengalaman pertama hasil fotonya kurang memuaskan kemudian mencoba berlatih menyempurnakan karya sehingga disitulah terdorong motivasi untuk maju dan terus berkarya,termasuk karya fotografi,” katanya.

Ia juga menegaskan pentingnya pameran foto ini untuk menumbuhkembangkan rasa kepedulian anak terhadap orang tuanya terutama kepada ibu dan para wanita.

Pameran foto KMF Kalacitra ini merupakan pameran yang ke delapan kalinya digelar dan dipersembahkan oleh 12 pameris yang merupakan calon anggota KMF Kalacitra angkatan VIII. Dalam pameran ini, ditampilkan visualisasi beragam peranan ibu dan aktivitasnya. Umumnya mengkisahkan peran ibu yang tak hanya menjalani kewajiban sebagai rumahtangga, tetapi juga perjuangan ibu dalam menjalani beragam profesi demi menopang ekonomi keluarganya seperti pemulung, guru, bahkan tuna susila.

“Semua kisah nyata para ibu di sekitar Jabotabek kami tuang lewat karya fotografi kemudian kami pilah mana karya foto yang bagus dan bermakna untuk dipamerkan sehingga nantinya akan memberikan arti dan kesan bagi pengunjung pameran,” kata Ketua Panitia, M. Sabqi.

Selain menggelar pameran foto, KMF Kalacitra juga meramaikan even ini dengan workshop fotografi, seminar tentang wanita dan live music.