Jurusan KPI Peringati Dies Natalis ke-21

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Apristia Krisna Dewi

Gedung Fidikom, BERITA UIN Online- Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) peringati dies natalis ke-21. Acara peringatan milad KPI yang diperingati setiap tanggal 15 Mei tersebut dibuka di lantai dasar gedung Fidikom, Rabu (18/5).

Acara  peringatan dies natalis KPI ke-21 dibuka oleh Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Drs Jumroni MSi. Acara tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon oleh para mahasiswa KPI serta dimeriahkan dengan penampilan marching band oleh santri Pondok Pesantren Al-Inayah, Bogor. Dies natalis akan berlangsung hingga 27 Mei mendatang.

Dalam sambutannnya, Kajur Komunikasi dan Penyiaran Islam, Drs Jumroni MSi mengatakan, komunikasi merupakan salah satu ilmu yang penting dalam kehidupan manusia. Di samping dapat membangun peradaban, juga membentuk konstruksi sosial dalam kehidupan manusia.

“Selain itu, komunikasi juga merupakan ilmu multidisipliner yang menyangkut berbagai spesifikasi cabang, di antaranya komunikasi antaragama  dan budaya, komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi politik, dan sebagainya,” ungkap Jumroni.

Dia berharap, kedepan ilmu komunikasi yang merupakan matakuliah wajib dan dominan di Jurusan KPI tersebut semakin berkembang lebih baik. Bahkan dalam perkembangannya tak lepas dari peranan dosen dan mahasiswa.

“Saya sangat berharap agar mahasiswa dapat memberi masukan mengenai matakuliah yang ada di KPI, terutama ilmu komunikasi. Dari masukan tersebut saya yakin proses pembelajaran antara mahasiswa dan dosen di Jurusan KPI akan lebih baik dan berkualitas,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis KPI ke-21, Iqbal Maulana, mengatakan, dies natalis KPI ke-21 ini diisi dengan beragam agenda kegiatan, di antaranya, dialog komunikasi antaragama dan budaya, book fair, bazaar, lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA, lomba kreasi komik, lomba film pendek, lomba public speaking, musyawarah nasional Ikatan Mahasiswa Islam Komunikasi se-Indonesia (Munas IMIKI), serta alumni day.

Jurusan KPI sebelumnya bernama Penerangan dan Penyiaran Agama (PPA) dan berada di Fakultas Ushuluddin. Kemudian berdasarkan SK Dirjen Binbaga Depag RI No E/48/1999 PPA berubah menjadi KPI dan berada di bawah Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang kini bernama Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom).