Jurnalis BERITA UIN Jakarta Raih Juara Makalah Al-Quran

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Ahmad Hamdani berfoto dengan Gubernur Banten Rano Karno. Hamdani berhasil menjuarai penulisan makalah MTQ Nasional ke-XXVI di Mataram.

Ahmad Hamdani berfoto dengan Gubernur Banten Rano Karno. Hamdani berhasil menjuarai penulisan cabang Makalah Al-Quran dalam MTQ Nasional ke-XXVI di Mataram.

Mataram, BERITA UIN Online- Jurnalis BERITA UIN, Ahmad Hamdani, berhasil menjadi peserta terbaik kedua dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVI untuk cabang Menulis Makalah Ilmiah al-Quran (M2IQ) di Nusa Tenggara Barat, Rabu (3/08/2016). Mahasiswa semester VII Jurusan Pendidikan Kimia, FITK, ini menulis makalah bertajuk Kemelut Gender: Eksploitasi Perempuan di Media Massa.

Kemenangan ini memberikan kesan tersendiri bagi peraih UIN Jakarta Student Achievement Award 2014 dan 2015. Sebab Dani, panggilan akrabnya, harus melewati sejumlah tahapan menegangkan dimana ia harus berhadapan dengan peserta asal berbagai provinsi seluruh Indonesia. Bahkan, saat di final, ia harus mampu menjelaskan makalahnya di hadapan sembilan orang juri ahli.

Terlebih, kata Dani, prestasi ini ia catatkan di level nasional. “Jika biasanya ikut MTQ harus berprestasi di tingkat kabupaten dilanjutkan provinsi, alhamdulillah saya dimudahkan oleh Allah SWT untuk menjuarai tingkat nasional,” syukur Ketua Forum Mahasiswa Bidikmisi 2015 ini.

Terlepas dari prestasi yang dicatatkan, namun Dani merasa kegiatan ini memberinya motivasi mempelajari Al-Quran dari sudut pandang sains. Sebagai mahasiswa Jurusan Fisika, ia merasa terpacu mempelajari Al-Quran dari latar belakang keilmuannya. “Ternyata Al-Quran menarik tidak hanya dengan membaca dan menghafal, namun juga menggalinya dari sudut pandang sains,” imbuhnya.

Di sisi lain, prestasi yang diraih pria asal Serang ini telah memberikan poin penting bagi prestasi Provinsi Banten sebagai juara umum di MTQ ke-46. Diketahui, Kafilah Provinsi Banten berhasil meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVI di Mataram yang berlangsung sejak 30 Juni 2016. Adapun urutan kedua dimenangkan oleh Provinsi DKI Jakarta, disusul Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Riau, Sumatera Barat, Aceh, Papu Barat, Jawa Barat. (Laporan Ikhda K/ZM)