Jerman Tertarik Ingin Kerja Sama dengan UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Hamzah Farihin

Gedung FEB, BERITA UIN Online - Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, Dr Norbert Baas, melihat Indonesia di masa mendatang akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi besar di kawasan ASEAN dengan berbagai potensi yang dimilikinya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Salah satu ketertarikan Jerman yaitu UIN Jakarta yang akan digandeng kerja sama di bidang ekonomi, khususnya ekonomi syariah.

Jerman yang mempunyai sekitar 200 perusahaan besar di Indonesia ingin meningkatkan kembali geliat perusahaannya agar lebih maju lagi. Saat ini sejumlah perusahaan Jerman di Indonesia berada dalam ketidakpastian dengan persaingan yang begitu ketat karena adanya pasar bebas. “Untuk menggeliatkan kembali (perusahaan Jerman), kami akan melakukan kerja sama dengan UIN Jakarta. Misalnya pembangunan infrastruktur, usaha kecil dan menengah, dan beasiswa untuk pertukaran pelajar khususnya belajar wirausaha,” katanya ketika menyampaikan kuliah umum di depan sivitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Selasa (1/3). Turut hadir Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof Dr Abdul Hamid.

Dalam kuliah umum bertajuk “Germany Economics Perspective On Indonesian Uncertainties” itu, Norbert mengharapkan kerja sama tersebut ke depan akan lebih intensif guna tercapainya cita-cita kedua negara. Misalnya mengumpulkan para pengusaha dalam sesi khusus dan rutinitas untuk mengembangkan perekonomian Indonesia ke depan lebih maju lagi dengan para pelaku usaha dari Jerman.

Norbert yang didampingi Atase Budaya dan Pers Kedubes Jerman, Christoph Seemann, menyatakan, ketertarikan kerja sama dengan Indonesia karena masyarakatnya lebih terbuka dan memiliki sikap keramahan yang cukup baik. Ini tentunya menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa Indonesia untuk lebih memperbanyak jalinan kerja sama dengan negara-negara lainnya.

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari beasiswa DAAD (German Academic Exchange Service), yakni organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman. Tujuan DAAD adalah meningkatkan kerja sama akademis di seluruh dunia, terutama melalui pertukaran mahasiswa, akademisi dan ilmuwan.

Sebelum menyampaikan kuliah umum, Norbert terlebih dahulu diterima Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat di Ruang Rektor.