Pelaksanaan ujian masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di UIN Jakarta tahun 2016.

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Penerimaan mahasiswa baru (PMB) program S1 tahun akademik 2017/2018 jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai dibuka pada 11 April 2017. Pada jalur ini UIN Jakarta menawarkan sedikitnya 25 program studi (prodi) bidang sains dan teknologi (Saintek) serta bidang sosial dan humaniora (Soshum).

SBMPTN merupakan sistem seleksi nasional masuk PTN bersama yang diikuti oleh 88 PTN di seluruh Indonesia yang terbagi ke dalam empat wilayah. Seleksi ini dilakukan melalui tes tertulis bentuk cetak (paper based testing/PBT) dan menggunakan komputer (computer based testing/CBT) atau kombinasi antara hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Menurut Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi UIN Jakarta Feni Arifiani MH, PMB UIN Jakarta jalur SBMPTN hanya menawarkan prodi umum bidang Saintek dan Soshum dengan total 25 prodi. Pendaftaran jalur SBMPTN dibuka mulai 11 April hingga 5 Mei 2017 yang dilakukan serentak secara nasional.

“Mekanisme dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat di laman www.sbmptn.ac.id atau di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan www.uinjkt.ac.id,” katanya kepada BERITA UIN Online di gedung Rektorat, Rabu (12/4/2017).

Feni menambahkan, untuk bidang Saintek, jumlah prodi yang dibuka sebanyak 14 prodi di empat fakultas, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (Teknik Pertambangan, Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis, Teknik Informartika, Sistem Informasi, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika); Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Dokter); dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia).

Sedangkan bidang bidang Soshum, prodi yang ditawarkan sebanyak 11 prodi di enam fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen); Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Hubungan Internasional); Fakultas Syariah dan Hukum (Ilmu Hukum); Fakultas Psikologi (Psikologi); Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Kesejahteraan Sosial); dan Fakultas Adab dan Humaniora (Bahasa dan Sastra Inggris).

Pendaftar yang diterima adalah lulusan SMA/SMK/MA sederajat. Peserta ujian yang hanya memilih  satu prodi dapat memilih prodi di PTN mana pun. Adapun peserta ujian yang memilih dua atau tiga prodi, salah satu prodi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan prodi yang lain dapat dipilih di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.

 Sesuai jadwal, seleksi peserta jalur SBMPTN akan dilakukan pada 16 Mei 2017 (CBT/PBT) dan kelulusan pada 13 Juni 2017. “Awal perkuliahan akan dimulai pada 1 September 2017 sesuai kalender akademik UIN Jakarta,” jelas Feni. (ns)

 

Share This