Jalur PMDK Sediakan Kuota 15 Persen

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Reporter: Lindah

Gedung Akademik, BERITA UIN Online – Kuota penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012 yang dibuka melalui jalur PMDK disediakan sebanyak 15 persen. Sisanya disediakan untuk jalur SNMPTN, SNMPTAIN, Ujian Mandiri, dan  program beasiswa santri berprestasi. Sementara jumlah program studi yang ditawarkan sebanyak 59 program studi yang tersebar di 11 fakultas.

Demikian diungkapkan Kepala Bagian Akademik Drs Marzuki Mahmud MPd kepada BERITA UIN Online di Gedung Akademik, Kamis (27/1). Menurut Marzuki, penerimaan calon peserta seleksi jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dibuka hingga 31 Januari 2011. Sedangkan penyerahan berkas persyaratan berlangsung mulai 1 hingga 26 Februari 2011 dan dilakukan secara kolektif dari sekolah masing-masing.

“Bagi peserta yang belum memperoleh undangan PMDK dapat datang langsung ke sekretariat panitia di Gedung Rektorat,” ujarnya.

Jalur PMDK dibuka untuk memberikan kesempatan bagi siswa berprestasi di sekolah tanpa harus mengikui ujian tulis. Pihak panitia saat ini telah mengirimkan sedikitnya 2.000 undangan ke sekolah-sekolah umum dan agama, baik negeri maupun swasta, di seluruh Indonesia.

“Namun, mengingat jumlah kuota yang terbatas, kami tetap akan mengadakan seleksi, yakni berupa kelengkapan data dan prestasi siswa,” kata Marzuki. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 19 Maret 2011 melalui website UIN Jakarta. “Panduan seleksi lengkap dapat diakses melalui www.uinjkt.ac.id,” lanjutnya.