ISO, untuk Tingkatkan Mutu dan Pelayanan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Fauziah Mursid

Ruang Diorama, BERITA UIN Online – Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat kembali menegaskan bahwa penerapan ISO 9001:2008 tak lain untuk meningkatkan mutu dan pelayanan. Hal itu bertujuan agar kampus UIN Jakarta sebagai satuan pendidikan mendapatkan kepuasaan bagi para penggunanya.

Hal itu dikatakan Rektor saat membuka Workshop Pre-Implemenrasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) Tahap II di Ruang Diorama, Selasa (26/7). “ISO itu menyangkut mental agar pola pikir kita diubah. Melayani masyarakat harus didasari dengan niat ibadah, dengan begitu apa yang kita lakukan saat ini akan membahagiakan kehidupan kita nanti,” ungkapnya.

Rektor menekankan, penerapan ISO tersebut tidak mudah. Dalam praktinya tak sekadar menyiapkan data tetapi bagaimana mengubah perilaku sumberdaya manusia dalam hal pelayanan. Karena itu bekerja dengan semangat untuk memberi, ikhlas dan tanpa pamrih pasti akan mendatangkan kepuasan dalam diri serta orang lain

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan bahwa segala sesuatu itu harus memiliki standar. Begitu pun dengan dunia kampus, harus ada standar-standar yang harus disepakati bersama. “Dalam bekerja seseorang tidak boleh mengedepankan gayanya melainkan, harus menyesuaikan standar yang sudah disepakati sebelumnya,” ungkap Rektor.

Kepada peserta workshop Rektor berharap agar selalu memberikan yang terbaik untuk kampus UIN Jakarta. “Selagi ada peluang untuk berbuat baik, maka berikan yang terbaik untuk kampus ini,” katanya.

Workshop Pre-Implemenrasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) Tahap II digelar di Bogor, Jawa Barat, dan berlangsung hingga 28 Juli 2011. Sebelumnya, workshop tahap pertama diadakan di Safari Garden, Puncak, Jawa Barat. Workshop diikuti oleh pimpinan setingkat kepala biro serta kepala bagian. Sedangkan workshop tahap kedua diikuti para kepala sub bagian dan staf pengadministrasi.