Islam Perhatikan Sektor Maritim

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium Utama, BERITA UIN Online— Sektor kemaritiman telah menjadi perhatian besar Islam. Utsman bin Affan menjadi khalifah rasyidah pertama yang menyadari pentingnya penguasaan sektor maritim sebagai tulang punggung kekuatan sosial ekonomi politik Islam.

Demikian diungkapkan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Prof Dr Sukron Kamil MA saat membuka Seminar Nasional Kemaritiman dan Kebangsaan: Prospek, Peluang dan Tantangan di Auditorium Utama, Rabu (28/10). “Penguasaan wilayah maritim sangat menentukan penguasaan sosial ekonomi politik. Itu disadari betul oleh Khalifah Utsman bin Affan,” katanya.

Pentingnya sektor maritim, sebut Sukron, direalisasikan Utsman dengan membentuk armada angkatan laut. Ini tidak dilakukan sebelumnya di masa Nabi SAW maupun Khalifah Abubakar dan Khalifah Umar bin Khaththab.

Armada angkatan laut dibentuk terutama didasarkan efektifitas mempertahankan sekaligus memperluas wilayah kekuasaan Islam. Tercatat, armada angkatan laut di masanya dikirim ke Afrika, Mesir, Cyprus dan Konstatinopel Cyprus. Untuk sampai ke daerah tersebut harus melalui lautan.

Secara teologi, lanjut Sukron, Islam juga menekankan sektor maritim dengan dorongan pemanfaatan dan pengolahan sumber daya kelautan di berbagai ayat al-Quran maupun hadits. “Pengalaman sejarah maupun dorongan pemanfaatan sektor kelautan menjadi bukti betapa Islam mendorong pemberdayaan sektor ini,” ungkapnya.

Laporan Kontributor Syarifaeni Fahdiah