Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar “Belajar” ke UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online-- Selama setengah hari, Jum’at (14/12/2012) Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar “belajar” tentang kemajuan UIN Jakarta.  Selain menggelar dialog dengan sivitas akademik UIN Jakarta, mereka juga melakukan visitasi ke sejumlah fakultas, pusat dan lembaga di lingkungan UIN Jakarta.

“Kami merasa beruntung sekaligus minder melihat begitu banyak kemajuan yang dicapai oleh UIN Jakarta, fakultasnya banyak, mahasiswanya ribuan, guru besarnya puluhan, gedungnya bagus dan fasilitasnya lengkap,” kata Pembantu Rektor Bidang Akademik  Made Rodane, yang juga ketua delegasi di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt 2.

Menurutnya, IHDN memilih UIN Jakarta untuk dikunjungi, karena mereka ingin mengetahui bagaimana pengelolaan kampus UIN Jakarta yang memiliki banyak kemajuan.

Dijelaskannya, IHDN saat ini memiliki 3 fakultas (Pendidikan, Filsafat, dan Pascasarjana,red), 5000 mahasiswa, 145 dosen dan 3 guru besar. “UIN Jakarta adalah guru dan kami sebagai murid ingin belajar banyak untuk mewujudkan kemajuan dan menjadikan kebijakan baru bagi kampus kami ke depan,” papar dia.

Made mengungkapkan, kunjungan IHDN ini untuk memenuhi undangan Direktur Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta, Prof Dr Azyumardi Azra, yang pernah berkunjung ke IHDN Denpasar Bali beberapa waktu lalu.

Sementara Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Jakarta Prof Dr Amsal Bahtiar MA, dalam sambutannya, mengatakan bahwa UIN Jakarta sangat senang bila dapat berbagi informasi dengan IHDN.

“Kita sama-sama berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI, maka mari kita saling berbagi informasi,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan pula rencana kerjasama di bidang akademik antara UIN Jakarta dengan IHDN yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU).

Usai dialog, Kepala Bagian Informasi UIN Jakarta, Dra Lily Fakhriyah beserta staf mengantar dan mendampingi para tamu berkeliling melihat infrastruktur UIN Jakarta dan berkunjung ke kampus SPs UIN Jakarta. (M Furqon)