Inilah Lulusan Terbaik Prestasi Non-Akademik

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

IMG_20160821_201443Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online–Dalam perhelatan Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-101, diumumkan Lulusan Terbaik Akademik dan Prestasi Non-Akadmik UIN Jakarta Wisuda ke-101 pada Sabtu dan Ahad, (20-21/8/16).

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Fadhilah Suralaga MSi berkesempatan menyampaikan Lulusan Terbaik Akademik di hadapan para pimpinan, guru besar, 1008 wisudawan dan orang tua wisudawan.

Usai membacakan Surat Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta No. 545 Tahun 2016 tentang Lulusan dan Lulusan Terbaik Wisuda Sarjana ke-101 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fadhilah menyebutkan 15 nama-nama lulusan terbaik dari urutan IPK terkecil sampai terbesar.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Rozak MA menyampaikan nama-nama Lulusan Terbaik Prestasi Non-Akademik.

“Selain Lulusan Terbaik Akademik, UIN Jakarta juga patut bangga, karena mempunyai prestasi di bidang non-akademik,” ujar Yusron di Auditorium Harun Nasution.

Yusron menguraikan, prestasi non-akademik ini dibagi menjadi 5 kategori, yaitu partisipasi aktif pada forum nasional dan internasional (pemakalah, trainer, tutor, komite, konsultan), kejuaraan (perlombaan, pertandingan tingkat nasional/internasional), karya inovatif, distink dan kreatif dalam berbagai bidang (seni, teknologi, karya tulis fiksi dan non fiksi), hafal 30 juz al-Quran dan aksi sosial, kemanusiaan dan lingkungan.

Pada wisuda kali ini, ada dua lulusan yang dianggap berprestasi kategori non-akademik dari fakultas yang sama, yaitu Nasrullah Nurdin Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) sebagai pemakalah Simposium Internasional Literatur Keagamaan, Warisan Keagamaan dan Filologi di Jakarta 15-18 September 2015, penulis Buku Mereguk 50 Pesan Ilahi yang Dasyat, Penerbit Erlangga, dan Volunteer Sidang Isbat 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1437 H di Kemenag RI dan TV One, CNN Indonesia.

Kedua, Septian Eko Suciyanto FAH sebagai mentor pada Indonesia Climate Change Education Forum and Expo, Jakarta 2015, pembicara Gathering Community Bersama Hijaukan Tangerang Raya oleh Hilo Green Community, Tangerang 2015, delegasi dalam kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya Tahun 2015 (Jakarta-Makasar-Sorong-Saumlaki-Kupang), delegasi Indonesia dalam acara NTU Model United Nations 2015 di Nanyang Technological University, Singapura dan volounteer ASEAN Reausable Bag Campaign 2015.

“Semoga ilmu yang telah kalian raih dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak dan semoga akan bermunculan prestasi-prestasi lain yang membanggakan UIN Jakarta,” tutup Guru Besar Fakultas Ushuluddin tersebut. (mf)