Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online– Dalam perhelatan sidang senat terbuka wisuda ke-108, diumumkan lulusan terbaik akademik dan prestasi non-akadmik UIN Jakarta, Ahad (06/05). Bertempat di Auditorium Harun Nasution, kampus I UIN Jakarta.

Naskah lulusan terbaik non akademik wisuda sarjana ke 108 dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA, di hadapan para pimpinan, guru besar, 657 wisudawan dan orang tua wali.

Murodi menyebutkan enam nama keluar sebagai lulusan terbaik non akademik, berasal dari beberapa fakultas yang ada di UIN Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Kerjasama menyampaikan nama-nama lulusan terbaik prestasi non-akademik.

“Selain lulusan terbaik akademik yang dilihat dari sisi IPK, UIN Jakarta juga patut bangga, karena mempunyai prestasi di bidang non-akademik,”ujar Murodi.

Murodi menguraikan, prestasi non-akademik ini dibagi menjadi kategori, yaitu partisipasi aktif pada forum nasional dan internasional (pemakalah, trainer, tutor, komite, konsultan), kejuaraan (perlombaan, pertandingan tingkat nasional/internasional), karya inovatif, distink dan kreatif dalam berbagai bidang (seni, teknologi, karya tulis fiksi dan non fiksi), hafal 30 juz al-Quran dan aksi sosial, kemanusiaan dan lingkungan.

Pada wisuda kali ini, ada enam lulusan yang dianggap berprestasi kategori non-akademik, yaitu Syanti Soraya Pulungan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) sebagai Duta Putri UIN Jakarta, Putri Anti Narkoba Banten 2017, dan Student Exchange Indonesia-Thailand 2018.

Selanjutnya, Rifqi Akbari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebagai hafidz al-Qur’an 30 Juz. Ada pula, Dini Nabilah dari fakultas yang sama sebagai peserta tari nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Selain itu, dari FSH ada juga Qurrotul Aini, sebagai hafidzah 12 juz al-Qur’an. Dari Fakultas Psikologi, keluar sebagai lulusan terbaik non akademik, Nurrahma Sukmaya Kalamsari sebagai peserta AIESEC Internship Program in Local Comitte of AIESEC in Kocaeli, Turkey, dan National Functional Summit 2017. Sedang lulusan terbaik non akademik yang terakhir berasal dari Fakultas Dirasat Islamiyah, yaitu Yogi Sofiyullah. Prestasi yang pernah diraihnya yaitu Putra Batik Intelegensia Karawang 2018, Hafizd Qur’an dan Juara Tiga Lomba Membaca Berita Arab Tingkat Nasional.

“Semoga ilmu dan pengalaman yang telah diraih dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak juga almamater UIN Jakarta. Kami berharap, akan bermunculan prestasi-prestasi lain yang membanggakan UIN Jakarta di kemudian hari,” tutup Guru Besar Sejarah Kebudayaan Islam UIN Jakarta tersebut. (lrf)