Gd. Rektorat, Berita UIN Online—Rangkaian proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 telah dimulai pada, Jumat (12/01). SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan prestasi akademik, yaitu menggunakan nilai rapor serta prestasi lainnya, disesuaikan dengan nilai akreditasi sekolah tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok) UIN Jakarta, Feni Arifiani MH, di ruang kerjanya selepas mengikuti peluncuran sekaligus sosialisasi SNMPTN 2018, Jumat (12/01).

Setiap sekolah tingkat menengah (SMA/MA/SMK) negeri maupun swasta, berhak mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN dengan syarat, sekolah memiliki identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekola dan Siswa (PDSS).

“Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini hanya ada beberapa perubahan istilah. Ada pun akreditasi sekolah pendaftar menentukan persentase peluang diterima atau tidaknya siswa sekolah tersebut di PTN yang dipilih masih seperti tahun sebelumnya,” jelas Feni.

Sebagai informasi, syarat bagi siswa yang berminat mengikuti seleksi SNMPTN adalah, unggul dan memperoleh peringkat terbaik di sekolah dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah tersebut. Adapun nilai prosentase akreditasi tersebut adalah, Akreditasi A, 50% terbaik disekolahnya, akreditasi B, 30% terbaik disekolahnya, akreditasi C, 10% terbaik disekolahnya dan akreditasi lainnya 5% juga terbaik di sekolahnya.

Persyaratan berikutnya yaitu memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS), bagi siswa SMA/MA/SMK memiliki nilai rapor terbaik dari semester satu sampai lima, dan bagi SMK memiliki nilai rapor terbaik dari semester satu sampai tujuh, yang kesemua itu telah diisikan pada PDSS, sedangkan persyaratan lainnya ditentukan oleh masing-masing PTN tempat mendaftar.

Adapun jadwal SNMPTN 2018 yaitu, pengisian dan verifikasi PDSS 13 Jan-10 Feb, pendaftaran 21 Feb-06 Maret, pengumuman hasil seleksi yaitu tanggal 17 April, pendaftaran ulang peserta yang lulus PTN tanggal 08 Mei 2018.

Sedangkan jalur SBMPTN, pendaftaran UTBC dan UTBK akan dimulai pada 05 April-27 April 2018, pelaksanaan ujian UTBC dan UTBK pada 08 Mei 2018, ujian keterampilan pada 09 dan atau 11 Mei 2018, sedangkan pengumuman kelulusan pada 03 Juli 2018.

Informasi lebih lengkap tentang SNMPTN dan SBMPTN 2018, dapat mengunjungi laman http://www.snmptn.ac.id atau http://halo.snmptn.ac.id. Dapat juga menghubungi call center di nomor 0804-1-450-450.

Sedangkan untuk informasi mengenai SBMPTN dapat mengunjungi laman http://sbmptn.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id, atau menghubungi call center di nomor 0804-1-456-456. (lrf)