Ini Kata Mahasiswa Soal World Class University

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada MA dalam berbagai kesempatan menegaskan komitmennya menjadikan UIN Jakarta sebagai perguruan tinggi kelas dunia (World Class University/WCU). Ini, diantaranya, dilakukan dengan mengubah mindset UIN Jakarta dari universitas berbasis pembelajaran (teaching university) menjadi universitas berbasis riset (research university). Kongkretnya ditempuh dengan mendorong peningkatan dana riset, research fellowhsip, visiting professor, dan meningkatkan jumlah mahasiswa asing belajar di UIN Jakarta. Lantas, bagaimana mimpi dan harapan mahasiswa tentang hal tersebut? Berikut opini mahasiswa yang berhasil direkam Berita UIN Online.

 

 

Kajian Keislaman Jangan Luntur

Bella Pres Psikologi 20161019_163004Raudah Sabilla

Wakil Ketua DEMA Fakultas Psikologi

 

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak tahun 2009 telah berkomitmen untuk mengembangkan diri sebagai WCU (World Class University). Tujuan pengembangan tersebut tiada lain untuk mendapatkan pengakuan dunia internasional sebagai salah satu universitas yang berskala internasional.

Tidak hanya UIN Jakarta, akan tetapi PTAIN yang lain di Indonesia perlu pengembangan serupa agar dapat muncul dan bersaing di kancah internasional. Selama ini, hanya beberapa perguruan tinggi Islam terkemuka di dunia yang mayoritas didominasi universitas di wilayah Timur Tengah.

Ide World Class University yang didukung oleh pemerintah khususnya Kementerian Agama ini, diharapkan tidak serta merta meninggalkan jati diri UIN sebagai universitas Islam yang harus menjunjung tinggi kebudayaan Islami.

Kemampuan UIN dalam mengintegrasikan antara ilmu agama dan sains seyogyanya dapat terus memberikan semangat optimis baik pada instansi maupun akademisi kampus untuk mencapai cita-cita mulia tersebut.

 

 

Harus Semangat Perjuangkan WCU

UIN Ifi Press Dakwah 20161019_162936Abdurrahman Alchuzaifi

Ketua DEMA Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi

Berdasarkan Visi dan Misi yang dimiliki UIN Jakarta yaitu “UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi universitas kelas dunia dengan keunggulan integrasi keilmuan, keislaman, dan ke-Indonesiaan”.

World Class University (WCU) nampaknya menjadi jargon yang santer di kalangan pimpinan dan sivitas akademika UIN Jakarta saat ini. Menurut saya, UIN Jakarta memiliki peluang yang sangat besar untuk mewujudkannya.

Hal ini dikarenakan, UIN Jakarta memiliki kesempurnaan dalam mengintegrasikan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya seperti sains dan teknologi, bahkan hadirnya fakultas kedokteran menjadi penyempurna yang menambah nilai universitas Islam ini. Satu kata dari saya, tetap semangat untuk memperjuangan cita-cita besar tersebut.

Go International

Kamal Press BSA 20161019_162919M Kamal

Ketua HMJ Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora

UIN Jakarta adalah Kiblat Peradaban Islam di Indonesia dan dunia. UIN Jakarta dinilai sudah layak dijadikan salah satu pusat peradaban Islam dunia yang modern. Untuk mewujudkan itu, UIN Jakarta kini tengah melangkah secara bertahap, dengan sertifikasi AUN QA misalnya, merupakan sebuah bukti konkrit bahwa UIN Jakarta memang berkomitmen untuk tampil dikancah internasional membawa misi menyebarkan Islam yang toleran, moderat serta menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Pengembangan fakultas/prodi juga merupakan sebuah ikhtiar UIN Jakarta untuk membuktikan bahwa UIN Jakarta berkomitmen mengintegrasikan antara keilmuan dan keislaman.

Semoga, pada masa-masa yang aakn datang, pimpinan UIN Jakarta melanjutkan cita-cita mulia ini, yaitu memposisikan UIN menjadi salah satu universitas yang diperhitungkan di kancah internasional. Terlebih, UIN Jakarta merupakan wajah Islam yang sesungguhnya, datang membawa kedamaian dan toleransi antar sesama.

 

 

Wajib Saling Mendukung

Screenshot_2016-10-19-16-34-50-1Jauhari Ma’ruf

Ketua DEMA Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Menuju WCU bukan hal yang mustahil bagi UIN Jakarta. Dengan fasilitas serta prasarana yang terus membaik semakin harinya, juga KBM dan pengintegrasian ilmu pengetahuan dan agama juga sudah semakin mantap, membuktikan bahwa UIN Jakarta berkemauan kuat untuk segera meraih title World Class University.

Apapun program studi yang ada, baik umum maupun keagamaan, diwajibkan mempelajari bahasa Arab. Dengan demikian, menjadi universitas kelas dunia tidak sepatutnya meninggalkan budaya UIN Jakarta sebagai universitas Islam.

Cita-cita ini, akan terwujud apabila seluruh komponen di UIN Jakarta saling mendukung setiap kebijakan yang mengarah pada apa yang dicita-citakan bersama. Komitmen yang tinggi sembari dibarengi dengan perbaikan dan peningkatan keilmuan di kampus ini, maka menjadi universitas berkelas dunia secepatnya akan segera terwujud. [Syarifaeni Fahdiah/lrf]