India Undang Mahasiswa UIN Jakarta Ikuti ASEAN – India Student Exchange

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online-- Mewakili UIN Jakarta, Adhya Rizkia, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) mengikuti program ASEAN – India Student Exchange Program 2013 selama sepekan.

Kegiatan yang diikuti 25 mahasiswa dari 25 perguruan tinggi itu akan dimulai pada 23-30 September 2013. “Mereka akan berkunjung ke kota-kota bersejarah, seperti Mumbai, Hyderbad dan New Delhi,” ujar Kepala Pusat Layanan Kerjasama Internasional Yenny Ratna Yuningsih, PhD di kantor kerjanya, Gedung Rektorat, Selasa (17/9/2013).

Dijelaskannya, program ini dihelat atas kerja sama Pemerintah India dengan negara-negara ASEAN untuk memberikan pengetahuan dan wawasan para pemuda ASEAN tentang pembangunan budaya dan ekonomi India.

“Mereka juga akan bertemu dengan para pejabat pemerintah, pemimpin perusahaan, akademisi, dan wirausahawan muda, serta para pelajar setempat,” imbuhnya.

Pemerintah India, lanjut doktor alumni McGill University ini, berharap kegiatan tersebut dapat memperkaya pengalaman masing-masing peserta dan mempererat hubungan bilateral dan melahirkan calon pemimpin bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Kegiatan Internasioanl Mahasiswa  M Al Fajri MIR, untuk mengikuti kegiatan ini, para peserta wajib  mengikuti seleksi internal di kampus masing-masing. ” Tahapan-tahapan tesnya adalah interview dan written test,” katanya.

Ia menambahkan, dari 25 universitas di Indonesia yang diundang, UIN Jakarta merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang diundang pada kegiatan ini. “Peserta yang lain berasal dari perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” imbuhnya.

Selain itu, terdapat pula perguruan tinggi swasta, misalnya dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Trisakti, serta sejumlah perguruan tinggi negara-negara ASEAN yang turut diundang, yakni, Malaysia, Brunei Daruusslam, Kamboja, dan Laos.

Terkait hal itu, Adhya Rizkia mengaku bangga menjadi dapat mewakili UIN Jakarta pada ajang internasional ini. “Kami bersyukur menjadi perwakilan UIN Jakarta pada kegiatan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua,” aku mahasiswa semester 7 ini. (D Antariksa/ Saifudin)