Aula SC, Berita UIN Online —  Publik diharap turut serta menjadi bagian pengawasan warga asing sebagai bagian penjagaan kedaulatan negara Indonesia. Keikutsertaan publik diharap menghindarkan Indonesia dari ancaman penyusupan individu dan kelompok yang berniat melakukan terorisme.

Demikian disampaikan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Zaeroji  S.Sos MH dalam Seminar Nasional bertajuk Menjaga Pintu Kedaulatan Negara dan Peran Publik dalam Pengawasan Orang Asing di Aula Student Centre, Kamis (15/6/2017). Seminar ini diselenggarakan Prodi Ilmu al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin.

Zaeroji mengungkapkan, kemudahan akses melalui darat, laut, dan udara memudahkan masuk warga dari berbagai kawasan ke Indonesia. Kemudahan demikian merupakan konsekuensi Indonesia sebagai bagian masyarakat global.

Tak hanya alasan ekonomi seperti aktifitas investasi dan perdagangan, pendidikan seperti belajar di perguruan tinggi, lalu lintas warga asing juga karena Indonesia sebagai salah satu destinasi pariwisata. Celah ini tidak menutup kemungkinan dimanfaatkan pihak-pihak asing yang ingin membuat instabilitas domestik.

“Dalam hal ini, fungsi pengawasan terhadap warga negara asing merupakan tanggung jawab bersama,” katanya.

Karena itu, Zaeroji meminta publik untuk tidak sungkan melaporkan warga negara asing yang dicurigai. “Silahkan memberikan informasi kepada pihak migrasi, jika ada yang mengetahui atau melihat WNA melakukan tindakan yang tidak benar,” sarannya. (Farah/yuni nurkamaliah/zm)

Share This