IAIN Bengkulu Gandeng UIN Jakarta Tingkatkan Mutu Dosen PTKI

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Rektorat, BERITA UIN OnlineDalam rangka peningkatan kualitas dosen-dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Institut Agama Islam Negeri, (IAIN) Bengkulu menggandeng UIN Jakartamelalui program Short Course ke luar negeri di Western Sydney University (WSU) Australia, dan akan direalisasikan tahun ini.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerjasama IAIN Bengkulu, Dr Zulkarnain, MA menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan meningkatkan dan mengembangkan kompetensi akademis dosen secara komprehensif dalam bidang penelitian, pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat, dan pendidikan pengajaran yang berwawasan international

“Dengan langkah seperti itu, kita akan punya jalinan kerjasama yang luas antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dengan perguruan tinggi international,” ujar Zulkarnain di di Gedung Rektorat, Selasa (29/8).

Ditambahkannya, pihaknya sengaja meminta UIN Jakarta sebagai mitra kerjasama dalam bidang ini, karena dinilai sudah berpengalaman dan memiliki akses ke kampus tersebut.

Untuk kepentingan tersebut, masing-masing pihak mendelegasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Jakarta dan LPPM IAIN Bengkulu bersama-sama  menyusun dan melaksanakan kegiatan dimaksud.

Bagi para dosen yang telah memenuhi sarat dan lulus seleksi berhak mengikuti kegiatan tersebut. “Syarat dan seleksinya ditentukan oleh tim kedua institusi,” katanya.

Peserta yang lulus akan dibantu pengurusan visa, perjalanan keberangkatan-kepulangan, biaya akademik, dan akomodasi kegiatan serta hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan perjalanan ke luar negeri.

Di tempat yang sama, Ketua LPPM UIN Jakarta Prof Dr M. Arskal Salim GP. MA mengapresiasi atas inisiasi kegiatan tersebut. “Kita senang dan dukung kegiatan ini, semoga apa yang menjadi harapan kedua lembaga dapat terwujud,” tandasnya. (lrf/dina)