Humas Seleksi Calon MC Tiga Bahasa

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Elly Afriani

Ruang Diorama, UIN Online — Humas UIN Jakarta hari ini menyeleksi para peserta yang mengikuti Audisi Master of Ceremony (MC) Tiga Bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab). Pendaftaran yang dibuka dari 9-12 November ini, berhasil menjaring 134 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan karyawan UIN Jakarta. Setiap peserta diharuskan memilih salah satu bahasa, yakni bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab.

“Banyak acara yang dilaksanakan UIN Jakarta, baik yang bersifat resmi maupun tidak resmi. UIN Jakarta juga sering dikunjungi tamu baik nasional maupun tamu asing yang berasal dari Timur Tengah dan Barat. Sehingga kita butuh MC yang bisa diandalkan,” jelas Kepala Biro Perencanaan Keuangan dan Sistem Informasi (PKSI) Drs. H. Hamid Solihin MPd saat membuka audisi di Ruang Diorama, Senin (22/11).

Dari 134 peserta, 5 orang di antaranya adalah dosen, 11 karyawan, dan 118 mahasiswa. Sementara, peserta yang memilih menggunakan bahasa Inggris sebanyak 21 orang, bahasa Arab 14 orang, dan sisanya menggunakan bahasa Indonesia.

Anis Suryani, salah satu peserta yang menggunakan bahasa Arab mengatakan, dia sudah beberapa kali menjadi MC bahasa Arab sewaktu menjadi santri pesantren. Mahasiswi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) semester satu ini, merasa kegiatan ini merupakan pengalaman yang harus dimanfaatkan.

“Walaupun pesertanya bukan hanya mahasiswa, tapi ada dosen dan karyawan, itu bukan halangan bagi saya untuk mencoba, karena saya punya minat di bidang ini,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ahmad Baiquni, mahasiswa jurusan Tafsir Hadits, Fakultas Ushuluddin (FU) semester 3. Dia ingin menambah pengalaman karena sewaktu di pesantren pun dia sering menjadi MC bahasa Arab.

“Saya tahu audisi ini dari pamflet yang ada di fakultas. Dari kelas saya juga ada dua orang lagi yang ikut,” kata Baiquni.

Audisi MC ini merupakan acara Humas UIN Jakarta yang dilaksanakan untuk pertama kalinya. Tujuannya tidak lain mempersiapkan MC yang kompeten dalam bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.

Hasil audisi akan diumumkan pada 26 November mendatang. Adapun juri yang menyeleksi yakni Dra Eva Nauli (Staf Humas), Elvita Fetrina, MIT (Staf Rektor) dan Imam Sujoko, Lc, MA (Dosen FDI) akan memilih 20 orang yang terbaik. Mereka yang yang terpilih nantinya akan mengikuti Pelatihan MC pada 30 November 2010.[]