Gedung FITK, BERITA UIN Online– Dalam rangka menanamkan jiwa kewirausahaan dan kejujuran dalam bertindak, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta membuka kantin kejujuran untuk mahasiswa, karyawan, dan dosen FITK yang dimulai pada Senin (19/2/2018) di Lobi Utama FITK.

Ketua HMPS Pendidikan Biologi Afrizal Purwadi mengatakan, zaman sekarang ini banyak ditemukan orang-orang yang tidak jujur. Tidak hanya di kalangan pemerintahan saja tapi juga ada di kampus-kampus bahkan di sekolah-sekolah.

“Kejujuran merupakan hal yang langka dan sulit ditanamkan di dalalm diri setiap individu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus-kasus pembohongan dan ketidak jujuran yang berawal dari sekolah, kampus, sampai ke pemerintahan negara,” ujar Afrizal kepada Berita UIN Online.

Selain itu, sambungnya, mengingat persaingan global dalam memanfaatkan peluang semakin ketat, maka dipandang perlu untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan berwirausaha di samping menanamkan sifat kejujuran

Program Kantin Kejujuran ini, kata mahasiswa semester enam itu, sebagai suatu wadah bagi mahasiswa untuk membentuk sifat yang jujur dan berjiwa wirausaha, sehingga pada nantinya mereka dapat memanfaatkan pengalaman itu dalam kehidupan sehari-hari.

Kantin ini dibuka tiga kali dalam seminggu pada Senin, Rabu, dan Jumat yang menjual makanan ringan dan makanan berat dengan model transaksinya “self service”, ambil sendiri dan bayar sendiri,” pungkas Afrizal. (mf)