HMJ PBI Gelar “News Anchor Competition” Tingkat Pelajar

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Herlina Novita, peserta dari SMKN 17 Jakarta, saat membaca berita pada “News Anchor Competition” di Ruang Loby Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jumat (4/11). Kompetisi yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FITK tersebut diikuti oleh 17 pelajar SLTA dan 34 pelajar SLTP se-Jabotabek. (Foto: Nanang Syaikhu)

Herlina Novita, peserta dari SMKN 17 Jakarta, saat membaca berita pada “News Anchor Competition” di Ruang Loby Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jumat (4/11). Kompetisi yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FITK tersebut diikuti oleh 17 pelajar SLTA dan 34 pelajar SLTP se-Jabodetabek. (Foto: Nanang Syaikhu)

Ruang Loby FITK, BERITA UIN Online – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menggelar Kompetisi Membaca Berita (News Anchor Competition) tingkat pelajar SLTA dan SLTP se-Jabodetabek. Kompetisi yang digelar dalam ajang “English Festival” tersebut dibuka Jumat (4/11) di Ruang Loby FITK.

Menurut panitia bidang kesekretariatan Farhana Tamimi, kompetisi membaca berita diikuti oleh sedikitnya 17 pelajar tingkat SLTA dan 34 pelajar tingkat SLTP. Mereka berasal dari SMA, SMK dan madrasah aliyah, serta SMP dan madrasah tsanawiyah.

“Kompetisi ini bertujuan guna melatih para pelajar agar mahir berbahasa Inggris dan mahir membaca berita,” katanya.

Farhana menambahkan, kompetisi dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap penyisihan dan final. Tahap penyisihan tingkat SLTA digelar pada Jumat (4/11) dan tingkat SLTP digelar Sabtu (5/11). Sedangkan final akan berlangsung pada 9-10 November mendatang.

“Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala dan sertifikat,” ujar mahasiswi Jurusan PBI semester 3 tersebut.

Dari pantauan BERITA UIN Online pada hari pertama, para pelajar tampak cukup antusias mengikuti kegiatan kompetisi tersebut. Bak seorang anchor sungguhan, satu per satu mereka tampil di depan microphone, berhadapan dengan dewan juri yang menilainya. Mereka pun memperlihatkan kebolehannya dengan membaca berita melalui teks yang sudah disiapkan oleh peserta.

Herlina Novita, pelajar dari SMKN 17 Jakarta, misalnya, mengaku senang mengikuti kompetisi tersebut. Meski ia sendiri belum berpengalaman membaca berita, namun penampilannya saat itu cukup meyakinkan dirinya dan berharap dapat masuk ke babak final.

“Saya sedikit nervous, tapi saya yakin masuk final,” katanya penuh harap.

“English Festival” HMJI PBI FITK digelar mulai 4 hingga 10 November 2016. Selain News Anchor, kompetisi lainnya adalah Story Telling, Debate, Writing, Speech, dan Spelling Bee. (ns)