Rektorat, BERITA UIN Online— Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) UIN Jakarta akan menggelar aLF (al-Arabiyyah Lil Funuun) Pekan Raya Exsplorasi Bahasa Arab Tingkat Pelajar dan Mahasiswa se-Indonesia. Acara ini akan dihelat selama lima hari mulai, Senin-Sabtu (25-30/09), bertempat kampus I UIN Jakarta.

Kegiatan yang bertujuan mengaktualisasikan kemampuan berbahasa Arab serta mengembangkan daya kreativitas dan kompetitif anak bangsa sebagai generasi penerus ini, mengangkat tema (Qohwah) Menyatukan Kearifan Nusantara dalam Kompetensi Arabia (Bahasa dan Budaya).

Kepada BERITA UIN Online, Koordinator Humas acara tersebut Linda Astuti mengatakan,  bahwa aLF ini dilatarbelakangi adanya persaingan global dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) serta beasiswa pendidikan internasional yang merupakan peluang nyata dalam menjadikan bahasa Arab sebagai aset dan investasi yang realistis.

aLF (al Arobiyyah Lil Funun) adalah wujud nyata dalam upaya menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu elemen kemajuan negara. Selain itu, adanya aLF mampu menjadi sarana untuk memperluas dan meng-update pengetahuan mengenai dunia bahasa Arab,” ujar Linda.

Ditambahkannya, tujuan lain dari terselenggaranya acara ini untuk menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa asing yang dibanggakan semua kalangan. Sehingga, bahasa Arab dapat merangkul semua lapisan masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diterima BERITA UIN Online, acara yang akan berlangsung selama lima hari tersebut, akan diisi beberapa kegiatan, diantaranya seminar nasional dengan menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Dr HC H Imam Nahrawi MKp, pentas seni, beberapa perlombaan, bazaar “Arabian Warkop”, karnaval, dan hiburan yang akan menghadirkan beberapa bintang tamu.

Sebagai informasi, acara yang diadakan rutin tahunan ini, dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, dan akan diikuti sedikitnya 500 perserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan segenap sivitas akademika FITK PBA serta tamu undangan dari beberapa kampus yang ada di Indonesia. (lrf)

           

Share This