Gedung FITK, BERITA UIN Online – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ-PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menggelar lomba melukis mural bagi kalangan pelajar dan mahasiswa se-Sejabodetabek. Acara digelar di ruang parkir gedung FITK, Rabu (11/12/2017), dan diikuti oleh sedikitnya 25 peserta.

Lomba melukis mural bertema tentang pendidikan itu merupakan rangkaian kegiatan tahunan HMJ PAI yang dikemas dalam Revolusi Kreativitas (Roket) PAI. Selain di bidang seni, lomba juga diadakan dalam bidang akademik dan olahraga. Lomba di bidang seni antara lain MTQ, melukis mural, kaligrafi, marawis, dan tari Saman. Sedangkan bidang akademik meliputi olympiade PAI, lomba qira’atul kutub, dan penulisan essay. Adapun bidang olahraga meliputi pertandingan cabang futsal, bulu tangkis, dan bola basket.

Staf Panitia Roket PAI Fitri Nuraini mengatakan, lomba melukis mural bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat seni para pelajar dan mahasiswa, khususnya di bidang seni lukis. Para peserta sendiri merupakan utusan perwakilan dari beberapa sekolah di Jabodetabek yang sebelumnya sudah terseleksi di sekolah atau perguruan tinggi masing-masing.

“Lomba melukis mural bersifat tim, bukan perorangan. Satu tim berkisar antara dua hingga empat orang,” katanya.

Fitri juga menjelaskan, tema pendidikan sengaja ditetapkan oleh panitia. Selain karena diselenggarakan oleh jurusan yang mengembangkan pendidikan, tema itu juga guna memberikan stimulus bagi peserta agar lebih memperhatikan pendidikan.

Lomba melukis mural menggunakan media triplek dan cat tembok. Setiap peserta bebas melukis dan mengekspresikan idenya sesuai tema yang diajukan. Beragam cara pun mereka lakukan saat mengekspresikan idenya itu. Ada yang didahului dengan pembuatan pola tapi tak sedikit juga ide tersebut langsung dituangkan dengan cat.

Menurut Fitri, pemanang lomba melukis mural akan memperoleh penghargaan, baik dalam bentuk uang pembinaan maupun sertifikat dan piala. Sedangkan kejuarannya meliputi juara pertama, kedua, dan ketiga tanpa melihat kategori. (ns)

Share This