Hari Kerja Terakhir Jelang Lebaran, Kampus Mulai Sepi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Menjelang libur panjang Lebaran Idul Fitri 1437 H, jalan utama menuju pintu keluar di depan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta tampak sepi, Jumat (1/7). Pada hari biasa, jalan tersebut biasanya cukup ramai dipadati kendaraan.

Menjelang libur panjang Lebaran Idul Fitri 1437 H, jalan utama menuju pintu keluar di depan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta tampak sepi, Jumat (1/7). Pada hari biasa, jalan tersebut biasanya cukup ramai dipadati kendaraan.

Kampus UIN Jakarta, BERITA UIN Online – Suasana kampus UIN Jakarta hari ini tampak mulai sepi. Selain karena libur perkuliahan semester genap, hari ini juga sebagai hari terakhir bekerja bagi para pegawai pemerintah menjelang Lebaran Idul Fitri 1437 H. Bahkan perkuliahan mahasiswa sejak sepekan terakhir justru sudah mulai libur.

Berdasarkan pantauan BERITA UIN Online di beberapa gedung perkantoran, baik di kampus 1 maupun kampus 2, sejumlah pegawai terlihat sudah tidak banyak lagi beraktivitas. Sebagian hanya duduk-duduk sambil ngobrol dan sebagian lagi masih sibuk menyelesaikan pekerjaan.

Di Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi misalnya, beberapa pegawai tampak masih sibuk melayani sejumlah mahasiswa yang mengurus admnistrasi. Hal yang saja juga terlihat di Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Ya masih ada beberapa mahasiswa yang mengurus administrasi skripsi karena belum selesai,” ujar salah satu pegawai di Fidkom yang enggan disebutkan jatidirinya.

Sementara di gedung rektorat, gedung pusat administrasi terpadu, dan gedung pusat pelayanan kemahasiswaan, para pegawai juga masih banyak yang beraktivitas meski terlihat lebih santai. “Di kantor sudah tidak ada lagi yang harus diselesaikan. Jadi, tinggal menunggu jam pulang saja,” ujar Evanauli Aprilla, staf Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi.

Sementara itu, area kampus yang biasanya padat dengan kendaraan bermotor yang diparkir, hari ini tampak lebih sepi. Kalau pun ada kendaraan umumnya milik pegawai. Berbeda jika pada beberapa hari sebelumnya atau masa perkuliahan, kendaraan bermotor, khusunya roda dua, didominasi oleh mahasiswa.

Sesuai surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, para pegawai negeri sipil (PNS) akan cuti bersama Idul Fitri 1437 H selama lima hari, 4-8 Juli 2016. Setelah itu PNS akan kembali masuk pada 11 Juli 2016. (ns)