Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta Ir Yarsi Berlianti MSi meminta para peserta seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) memperhatikan beberapa hal terkait pelaksanaan ujian. Tujuannya agar para peserta bisa melaksanakan ujian dengan nyaman dan tertib.

Hal pertama yang harus diperhatikan para peserta ujian adalah mencari lokasi ujian sehari sebelum pelaksanaan ujian.

“Sehingga ketika hari ujian tiba, para peserta tidak lagi bingung mencari-cari lokasi ujiannya,” kata Yarsi usai Briefing Penanggung Jawab Lokal (PJL), Bendahara Lokal (BL), Koordinator Ruangan (KR), dan Pengawas UM-PTKIN Tahun 2015di Auditorium Harun Nasution, Senin (22/6/2015).

Hal lain, peserta ujian diharapkan bisa datang ke lokasi ujian lebih awal dari agenda ujian yang sudah ditetapkan panitia. Sebagai gambaran, pada hari pertama ujian (Selasa, 23/6), peserta dijadwalkan mengikuti validasi peserta oleh pengawas mulai pukul 07.00-07.30 WIB yang langsung disambung pengerjaan materi test pertama (Test Potensi & Sikap Akademik).

“Setiap keterlambatan tidak akan mendapat dispensasi penambahan waktu (untuk mengerjakan soal, red.). Jadi silahkan datang lebih awal,” katanya.

Selain itu, sambung perempuan berkacamata ini, peserta seleksi UM-PTKIN juga diharap membawa Kartu Tanda Peserta, Copy Ijazah, atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru peserta dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.

“Siapkan juga identitas diri yang sekiranya dibutuhkan seperti KTP atau SIM,” tambahnya.

Terakhir, para peserta juga diharap berpakaian sopan dan membawa alat tulis yang diperlukan selama ujian berlangsung seperti pensil 2B, bolpoin, karet penghapus, dan papan ujian.

Diketahui, sebanyak 2.145 pelajar bakal mengikuti UM-PTKIN di UIN Jakarta, Selasa-Rabu (23-24/6/2015). Peserta test terbagi dalam tiga kelompok peminatan, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC).

Untuk lokasi pelaksanaanya, ujian Kelompok IPA dan IPC akan dilaksanakan di Lantai I dan II Auditorium Utama Harun Nasution. Sedangkan Kelompok IPS akan ditempatkan di Gedung Student Center, Gedung Aula Madya, dan Madrasah Pembangunan (MI, MTs, dan MA). (Zaenal Muttaqin)

Share This