Hadapi Visitasi AUN-QA, BPI UIN Jakarta Akan Gelar Sosialisasi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FIDKOM, BERITA UIN Online Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta akan menggelar sosialisasi dalam rangka persiapan menghadapi visitasi Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Sosialisasi akan dilakukan pada hari selasa (29/03) dan sabtu (02/04) di Ruang Theater lantai 2 Prof. Aqib Sumninto, FIDKOM.

Demikian diungkapkan Kepala Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam, Dra. Rini Laili Prihatini, M.Si kepada BERITA UIN Online, Rabu (23/03). “Sosialisasi dan simulasi akan kita laksanakan supaya mahasiswa, dosen, staff akademik, alumni, dan pengguna (user) dapat memahami gambaran teknis ketika diwawancara oleh tim assessor,” ujarnya.

Data Agenda sosialisasi dan simulasi AUN-QA mencatat, sosialisasi dan simulasi untuk mahasiswa, dosen, dan staff akademik akan digelar pada hari selasa (29/03). Sementara untuk alumni dan pengguna pada hari sabtu (02/04).

Rini menambahkan, sosialisasi AUN-QA ini sebelumnya telah dilakukan saat rapat dosen, rapat pimpinan fakultas dan beberapa kegiatan di jurusan dan fakultas. “Kalau pengumumannya sudah kami lakukan sejak tahun 2015 melalui beberapa event dan kesempatan. Hanya fokus serta target grupnya masih belum” tambahnya.

Diketahui, Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) merupakan salah satu dari empat prodi UIN Jakarta yang akan di sertifikasi AUN-QA pada tanggal 5-7 april tahun ini. Sedangkan tiga prodi lainnya yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) FTIK, Prodi Dirosat Islamiyah (FDI), dan Prodi Sejarah Kebudayaan Islam (FAH).

Sementara itu, tim assessor yang akan menilai adalah Prof. Dr. Raymund Sison (De La Sallee University) dari Philipina, Prof. Ir. Dr. Sharir Abdullah (CQO, Director of Centre for QA) dari Universitas Kebangsaan Malaysia, dan satu orang pengawas dari Vietnam.

Sampai saat ini, Prodi BPI telah menyiapkan 20 mahasiswa aktif (masing-masing 5 orang setiap angkatan), 16 dosen pengajar, beberapa staff akademik, 20 alumni, dan beberapa pengguna. Mereka akan diberikan pembekalan mengenai visi misi prodi, borang kurikulum, dan Ekspert Learning Output (ELO). (NJS)