Guru Besar Manfred Henningsen Kunjungi UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter : Fauziah Mursid

Ruang Diorama, BERITA UIN Online- Guru Besar Universitas Hawaii, Amerika Serikat, yang juga ahli dalam political filosofi, Prof Dr Manfred Henningsen, mengunjungi kampus UIN Jakarta. Kedatangan guru besar yang lahir di Jerman tersebut diterima Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP) Prof Dr Bahtiar Effendy di Ruang Diorama, Senin (18/7)

Dalam kunjungan tersebut Prof Henningsen berkesempatan menjadi pembicara dalam seminar yang diselenggarakan FISIP. Seminar yang bertema Beijing to Cairo : On Political Changes With Dramatic Ending itu digelar atas kerja sama FISIP dengan Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI).

Dalam seminar tersebut Prof Henningsen di antaranya membandingkan perubahan politik yang terjadi di beberapa negara. “Perubahan politik yang terjadi di dunia saat sendiri biasanya diawali dengan permasalahan internal politik di negara tersebut,” ungkapnya

Henningsen menambahkan, jika melihat dari beberapa negara pesan penting yang harus digarisbawahi dari permasalahan politik adalah suara rakyat.

“Dalam politik mempertahankan otoritas itu tidak akan mungkin terjadi tanpa membangun stabilitas terhadap suara rakyat. Begitu juga yang terjadi di beberapa negara seperti, Indonesia, China, dan Mesir,” katanya.

Selama di Indonesia, selain mengunjungi Kampus UIN Jakarta, Henningsen juga menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bertema tentang politik di Amerika Serikat.