“Grand Opening” 10 Tahun Fakultas Psikologi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung FPsi, BERITA UIN Online Grand Opening ulang tahun Fakultas Psikologi ke-10 dibuka Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat di Ruang Teater Gedung FPsi, Senin (12/3). Pembukaan fakultas umum pertama di UIN Jakarta itu ditandai dengan peluncuran logo peringatan 10 tahun Fakultas Psikologi (FPsi) dan Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (P3I).

Hadir dalam pembukaan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Dr Bahrul Hayat, para pembantu rektor, sejumlah dekan, Dekan FPsi Dr Jahja Umar, mantan Dekan FPsi pertama Dra Netty Hartati MSi, perwakilan dari Badan Lingkungan Hidup Pemkot Tangerang Selatan, serta warga sivitas akademika FPsi.

Peluncuran logo juga sekaligus menandai dimulainya rangkaian kegiatan ulang tahun yang akan berlangsung hingga Oktober 2012 mendatang. Logo berlambang angka “10” yang dipadu dengan lambang ilmu psikologi itu merupakan desain karya Lina Marlina, mahasiswi semester akhir Fakultas Psikologi, sebagai pemenang pertama lomba desain logo yang diadakan sebelumnya.

Selain peluncuran logo dan jurnal, perhelatan ulang tahun FPsi itu juga ditandai dengan penanaman pohon jambu bol jamaika (Syzygium malaccense) dan pelepasan balon oleh Sekjen Kemenag Dr Bahrul Hayat di halaman Gedung FPsi. Sebelumnya Sekjen Kemenag menyampaikan kuliah umum bertajuk “Urgensi Psikologi Kuantitatif pada Abad 21”.

Dekan FPsi menyatakan, FPsi merupakan fakultas umum pertama yang dibuka di UIN Jakarta tahun 2002. Semasa IAIN, fakultas tersebut semula berada di Fakultas Tarbiyah (kini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) sebagai program studi. Sejak IAIN berubah menjadi UIN tahun 2002, Program Studi Psikologi lalu menjadi sebuah fakultas yang berdiri sendiri.

“Fakultas Psikologi UIN Jakarta saat ini tengah berupaya menjadi salah satu fakultas psikologi unggulan di Indonesia dengan distingsi pada psikologi kuantitatif,” papar doktor ahli psikometri pertama di Indonesia itu.

Seiring dengan itu, sejak tahun 2010 Fakultas Psikologi membuka Program Magister Sains Psikologi dengan tiga bidang peminatan, yakni Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikometri.

“Semua Program Studi Psikologi berkosentrasi pada mutu lulusan dengan standar kelulusan lebih tinggi. Jika tidak, hanya pemborosan waktu, tenaga, dan biaya saja,” katanya.

FPsi berdiri di atas lahan seluas 7.000 meter persegi di kampus II yang dilengkapi dengan gedung Pusat Layanan Psikologi. Sejak berdiri FPsi kini telah meluluskan lebih dari 1.000 sarjana psikologi dengan beragam profesi, baik di sektor pemerintahan maupun swasta.

Selama ulang tahun berlangsung, FPsi menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti perlombaan, sosial, dan temu alumni. Sementara puncak acara akan digelar pada 19 Oktober 2012 di Gedung FPsi. (H. Farihin)