Gerak Jalan Santai Tandai Puncak Milad UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Gedung Student Center, BERITA UIN Online – Gerak jalan santai menandai perayaan puncak milad ke-54 ADIA/IAIN/UIN Jakarta, Sabtu (21/5). Acara pembukaan dilakukan Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat dengan pelepasan balon di lapangan parkir gedung Student Center. Peserta jalan santai menempuh perjalanan sekitar empat kilometer, dimulai dari kampus I menuju kampus II, dan kembali ke kampus I.

“Kami merasa bangga karena seluruh sivitas akademika bersama-sama dan penuh kekeluargaan dapat merayakan HUT ke-54 ADIA/IAIN/UIN Jakarta meski dilakukan secara sederhana,” ujar Rektor saat membuka peserta gerak jalan yang diikuti warga sivitas akademika dan anggota keluarga para pegawai itu. Ia juga menyatakan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika atas loyalitas yang diberikan untuk UIN Jakarta selama ini.

Kemeriahan tak hanya mewarnai selama gerak jalan santai. Seusai itu peserta disuguhi aneka makanan tradisional, hiburan musik, dan doorprize. Makanan tradisional tersebut berasal dari sejumlah unit kerja di UIN Jakarta. Bahkan secara khusus, Dharma Wanita Persatuan ikut pula menyumbangkan konsumsi berupa menu nasi dan lontong berikut lauk-pauk serta minuman sebanyak 75 porsi.

Pada puncak acara, milad ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan yang juga istri Rektor, Ait Chairiyah Komaruddin Hidayat, serta pembagian hadiah perlombaan. Dalam kesempatan yang sama, Rektor juga memberikan penghargaan kepada Amrullah Hasbana MA, peraih pustakawan teladan tingkat nasional 2010, berupa uang sebesar Rp 5 juta. Amrullah Hasbana kini menjabat Wakil Kepala Perpustakaan Utama.

Panitia juga mengumumkan beberapa perlombaan dalam rangka milad ke-54 ADIA/IAIN/UIN Jakarta. Pada pertandingan sepak bola antarfakultas memperebutkan Rektor Cup, juara pertama dimenangkan Fakultas Sains dan Teknologi dengan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 3 juta. Juara kedua Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebesar Rp 2 juta, dan juara ketiga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebesar Rp 1 juta.

Untuk lomba kebersihan antarfakultas, pemenang pertama diraih Fakultas Psikologi, juara kedua Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan juara ketiga Fakultas Dirasat Islamiyah. Sedangkan lomba kebersihan antarunit kerja dengan hadiah piala, juara pertama diraih Bagian Ortala dan Kepegawaian, juara kedua Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi, dan juara ketiga Kantor Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Wilayah I DKI Jakarta. Juara umum pada lomba kebersihan ini diraih Fakultas Psikologi.

Untuk pemilihan pegawai teladan, juara pertama kategori petugas kebersihan diraih Aziz Kurniawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juara kedua diraih Hendri (Fakultas Dirasat Islamiyah), dan juara ketiga Anen Suwandi (Sekolah Pascasarjana). Pada ketegori pegawai satuan pengamanan (satpam), juara pertama diraih Iswanto (Fakultas Syariah dan Hukum), juara kedua Nursyadi (Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi), dan juara ketiga Sumardi (Bagian Umum). Adapun kategori petugas pramusaji, juara pertama diraih Nurhayati (Fakultas Psikologi), juara kedua Sriyanti (Fakultas Ushuluddin), dan juara ketiga Indah (Fakultas Dirasat Islamiyah). Para pemenang untuk ketiga kategori tersebut masing-masing memperoleh uang sebesar Rp 2.220.000, Rp 1.110.000, dan Rp 550.000. (tim liputan: ns/muhammad nurdin/devy cahyo puspita/fauziah mursyid/hafsa tya annisa/hilda savitri)