Bogor, BERITA UIN Online—Humas UIN Jakarta melakukan sosialisasi di sekolah SMA Madania. Sosialisasi digelar pada, Selasa (05/08), bertempat di ruangan Multi Purpose Hall (MPH) SMA Madania, atas undangan pihak sekolah.

Bertema “Connect to Get Inspired; Set Goals for Your Dreams” pada acara Madania Education Exhibition (MEE) 2017. Digelar beberapa acara antara lain: Diskusi panel pendidikan bersama perguruan tinggi; Pameran kampus negeri, kedinasan dan swata (nasional dan internasional); Serta tes keterampilan bahasa.

Hadir sebagai pembicara dalam acara Diskusi Panel Bersama Perguruan Tinggi Negeri antara lain dari UIN Jakarta, yang diwakili oleh humas bapak Samsudin, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor diwakili oleh humas perguruan tinggi tersebut.

Dalam presentasinya, Samsudin menjelaskan secara gamblang dan rinci mengenai teknik serta tahapan yang harus ditempuh baik oleh sekolah ataupun siswa dalam mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Ada beberapa jalur yang dapat di tempuh oleh siswa untuk dapat kuliah di UIN Jakarta yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan SPMB Mandiri UIN Jakarta,” imbuhnya.

Hasil pantauan di lapangan terlihat, kegiatan berjalan dengan lancar dan para siswa mengikuti sangat antusias. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan.

Salah seorang siswi peserta sosialisasi Raiqa Zakaria bertanya tentang perbedaan jalur masuk SNMPTN dan SPAN-PTKIN di UIN Jakarta? Samsudin yang menjadi narasumber memberikan jawaban, bahwa SNMPTN merupakan seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima)  bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat yang mau mengambil program studi umum di UIN Jakarta. Sedangkan SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima)  bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren yang mau mengambil program studi agama di UIN Jakarta.

Lain halnya Anisa kepada BERITA UIN merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut, karena mendapat tambahan informasi tentang kampus khusunya UIN Jakarta merupakan tujuan utama saya.

“Setelah mendapatkan penjelasan, saya jadi mengerti bagaimana langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan agar dapat mendaftarkan diri di perguruan tinggi yang saya minati, terutama UIN Jakarta, “ ujarnya.

Sebagai informasi, SMA Madania merupakan sekolah swasta dan berakreditasi A, beralamat Jl. Perum Telaga Kahuripan Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat. (Farah Nurul Hikam Agustina/sam)

Share This