FSH Undang Kapolda Metro Jaya

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Fakultas Syari’ah dan Hukum, BERITA UIN Online–Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan menggelar studium general bertajuk “Dimensi Keislaman dan Keindonesiaan Menuju Pematangan Kamtibmas” di Auditorium Prof Dr Harun Nasution pada Rabu, 1 Mei 2011.

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr JM Muslimin  menjelaskan, kegiatan tersebut akan diisi oleh Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal  Polisi (Irjen Pol) Sutarman. “Mudahan-mudahan sampai hari pelaksanaan beliau tidak ada acara mendadak. Selama beliau tidak dipanggil Presiden SBY  dan Kapolri, insya Allah acara berjalan lancar,” ujar Muslimin di Ruang Meeting FSH, Senin (30/5).

Menurutnya, FSH sengaja menyelenggarakan kegiatan tersebut dalam rangka menampilkan UIN Jakarta sebagai kampus yang aman dan nyaman, serta tidak terkait dengan gerakan-gerakan terorisme, Negara Islam Indonesia (NII), dan lain-lainnya.

Muslimin menambahkan, kehadiran orang nomor satu di Polda Metroj Jaya diharapkan dapat melahirkan hubungan yang baik antara aparat keamanan dengan perguruan tinggi. “Kita ingin komunikasi dengan penegak hukum berjalan lebih baik,” papar Muslimin.

Selain itu, katanya, UIN Jakarta harus menghapus pencitraan yang buruk terhadap tuduhan sebagian pihak mengenai keterlibatan beberapa alumninya dalam jaringan radikalisme. “Kita ingin suasana keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) berjalan kondusif. Jangan sampai ada generalisasi dengan keterlibatan satu dua orang dalam gerakan terorisme. Stigma UIN sebagai basis NII harus kita hapus, “ ujar  doktor jebolan Universitas Hamburg, Jerman.

Dijelaskannya, sangat tidak etis jika ada  perguruan tinggi yang mahasiswanya dibina oleh aparat penegak hukum lantaran mereka terlibat kegiatan-kegiatan yang dinilai melanggar hukum. “ini artinya kita kecolongan,” sambungnya. (saifudin)