Aula Madya, BERITA UIN Online – Untuk kesekian kalinya, mahasiswa Program Studi (Prodi) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Jakarta menggelar pameran foto. Kali ini, pameran digelar di Aula Madya pada 23-27 April 2018 dengan menghadirkan 39 pameris. Semuanya mahasiswa semester 6 angkatan 2015.

Ada sedikitnya 39 foto karya mahasiswa yang dipamerkan. Tema foto bersifat tematik, semua menggambarkan tentang kehidupan manusia dengan beragam profesi di sekelilingnya.

Koordinator pameran, Faisal Akbar, mengatakan, foto yang dipamerkan merupakan hasil jepretan mahasiswa dari berbagai sudut pandang. Foto-foto tersebut diproduksi menggunakan kamera SLR/DSLR, sebagian dengan kamera saku.

“Pameran ini rutin digelar setiap tahun dalam rangka tugas akhir mata kuliah fotografi jurnalistik,” katanya.

Tujuan pameran, kata Faisal, untuk mendorong para mahasiswa lebih kreatif mengambil momen penting di setiap peristiwa. Selain itu juga untuk mengembangka minat serta bakat di bidang fotografi, khususnya fotografi jurnalistik.

“Ada ungkapan satu foto seribu kata. Jadi, dengan gambar tersebut publik diharapkan mampu menerima beragam informasi meski hanya melalui foto,” dalihnya.

Pameran foto karya mahasiswa Prodi Jurnalistik, menurut Ketua Prodi Jurnalistik Kholis Ridho, dinilai positif dan kreatif. Ia pun mengapresiasi semua karya foto mahasiswa yang ditampilkan di pameran tersebut.

“Dalam dunia jurnalistik, fotografi jurnalistik tak sekadar menonjolkan unsur seni, tapi juga memberikan informasi kepada khalayak mengenai berbagai peristiwa dari sudut pandang tertentu,” ujarnya.

Pameran terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Bagi pengunjung yang datang, ia diminta untuk menilai, manakah di antara foto pameris yang layak dan bagus. Hasil penilaian tersebut kemudian akan diumumkan di akhir pameran. (ns)