Thailand, BERITA UIN Online—Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa FLAT UIN Jakarta, raih juara dalam ajang kompetisi bahasa asing se-Asia. Dengan menumbangkan kontestan dari negara Asia lain, UIN Jakarta sabet dua gelar juara sekaligus.

Syifa Azahra, Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris raih posisi kedua dalam ajang International English Speech Competition dan Joni Rolis menjadi second runner up dalam Asian English Olimpics – Scrabble.

“Alhamdulillah bisa masuk final, waktu itu yang mengikuti lomba di Fatoni University Thailand sebanyak 16 orang dari empat negara, yaitu Thailand sebagai tuan rumah, Indonesia, Brunei dan Malaysia,” ungkap mahasiswi semester empat tersebut.

Ditambahkan Zahra, dirinya harus bersaing di final dengan mengalahkan dua lawannya yang berasal dari Brunei dan Thailand.

Terbang mengikuti kompetisi di negeri seberang, sebelumnya Zahra merasa kurang percaya diri melihat kemampuan lawan-lawannya, namun saat masuk final Zahra mulai optimis dengan naskah yang ia buat, Zahra menyiapkan naskah Speech dengan konten berisi sejumlah fakta dan solusi realistis untuk disampaikan kepada dewan juri, akhirnya keputusan juri mengantarkan Zahra pada posisi kedua.

Zahra berharap mahasiswa lain juga turut memanfaatkan kesempatannya sebagai mahasiswa untuk bisa mengikuti perlombaan tingkat Internasional.

“Mumpung masih mahasiswa, apalagi S1 cuma sekali seumur hidup, kita harus mengambil kesempatan apapun, karena pengalamannya dapat menjadi wawasan baru untuk kita,” tuturnya.

Selanjutnya Joni Rolis, mahasiswa Jurusan Akuntansi UIN Jakarta, mampu menggeser 56 peserta lainnya dalam kompetisi English Scrabble se-Asia yang digelar di Bina Nusantara University Indonesia. Sebanyak 11 negara di Asia mengirimkan delegasinya untuk mengikuti ajang kompetisi tersebut.

“Ada 25 ronde pertandingan scrabble, berlangsung selama tiga hari, pertandingannya sistem agregat poin, jadi pertandingan terakhir aku memperebutkan medali untuk juara ke-tiga,” ungkapnya.

Untuk mengikuti ajang tersebut, usaha yang Joni lakukan tidak mudah, Joni tiap hari melakukan latihan dan menghafal sejumlah kata dalam bahasa Inggris, serta teknik-teknik permainan scrabble untuk mendapatkan poin besar. Akhirnya, semua usaha dan persiapan Joni terjawab dengan membawa pulang medali kejuaraan peringkat tiga.

Di lain tempat, R. Trisno Muh. Riyadhi, Kasubag Bina Bakat dan Minat Mahasiswa UIN Jakarta mengatakan, bahwa kejuaraan ini menunjukan konsistensi UKM FLAT UIN Jakarta dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa dengan ikut bersaing dalam kancah Internasional.

“Dengan menjuarai dua kejuaraan ini, semoga memacu semangat semua sivitas akademik untuk mengharumkan nama UIN Jakarta khususnya, dan Indonesia pada umumnya di mata Internasional. Selamat kepada FLAT dan juga para pemenang, semoga di lain kesempatan meraih prestasi yang lebih baik,” tuturnya. (lrf/tangerangonline.id)