FITK Undang Dosen Menulis Artikel

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, tampak dari depan. Hingga usianya ke-60 tahun 2017 mendatang, dari gedung ini telah lahir para calon guru dari berbagai disiplin ilmu dan tersebar di seluruh Indonesi. (Foto: Dok Pubdok UIN Jakarta)

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, tampak dari depan. Hingga usianya ke-60 tahun 2017 mendatang, dari gedung ini telah lahir para calon guru dari berbagai disiplin ilmu dan tersebar di seluruh Indonesia. (Foto: Dok Pubdok UIN Jakarta)

Gedung FITK, BERITA UIN Online – Dalam rangka memperingati Milad ke-60 tahun 2017, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta mengundang para dosen di seluruh Indonesia untuk menulis artikel opini dan makalah ilmiah tentang pendidikan. Bagi naskah artikel dan makalah yang terpilih akan dikumpulkan dan diterbitkan dalam bentuk buku.

Ketua Tim Penulisan artikel dan makalah Dr Jejen Misfah mengatakan, penulisan naskah artikel opini dan makalah terbuka untuk para dosen UIN Jakarta maupun dosen dari perguruan tinggi lain di Indonesia. Mereka dapat mengirimkan artikel tersebut sesuai syarat-syarat yang ditetapkan panita.

“Tulisan opini dan makalah ilmiah keduanya dikirim dengan syarat yang berbeda,” kata Jejen kepada BERITA UIN Online di ruang kerjanya di gedung FITK, Kamis (1/12).

Jejen menambahkan, untuk artikel opini, tulisan harus sesuai dengan tema yang ditetapkan, yakni Pendidikan Guru Indonesia: Isu, Kebijakan, dan Inovasi. Syarat penulisan di antaranya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, panjang tulisan antara 700-1.000 kata, ditulis oleh penulis tunggal (bukan tim), naskah harus asli dan bukan plagiasi, tidak pernah dipublikasikan, dan menyertakan daftar riwayat hidup singkat sebanyak 10 baris.

“Jika ada indikasi bahwa naskah yang dikirim hasil plagiasi, maka panitia berhak membatalkannya secara sepihak,” tandasnya.

Sedangkan untuk kategori penulisan makalah ilmiah, penulisan harus berdasarkan pada hasil kajian riset atau kajian literatur atau best practices dari pengabdian masyarakat. Syarat teknisnya adalah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, karya asli, panjang tulisan antara 5.000-7.000 kata, ditulis oleh individu atau tim, tidak pernah dipublikasikan, menggunakan kaidah penulisan karya ilmiah yang disertai body note dan referensi, serta menyertakan daftar riwayat hidup singkat sebanyak 10 baris.

Naskah artikel opini dan makalah ilmiah yang akan dikirim dapat disampaikan melalui alamat email ke seminar.fitk@uinjkt.ac.id. Untuk artikel opini, naskah dikirim paling lambat pada 13 Januari 2017.  Adapun naskah makalah ilmiah, abstrak makalah dikirim paling lambat pada 16 Desember 2016 dan makalah lengkap dikirim paling lambat 27 Januari 2017.

“Pengumuman abstrak yang diterima akan disampaikan pada 30 Desember 2016,” jelas Jejen.

Khusus makalah ilmiah terpilih, imbuhnya, akan dikumpulkan dalam bentuk buku berjudul 60 Tahun FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Dedikasi bagi Pertiwi. Sesuai dengan judul tersebut, Jejen berharap FITK di usianya yang ke-60 dapat terus mendedikasikan dirinya sebagai salah satu lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) terkemuka di Indonesia yang unggul, profesional, dan kompetitif di era global. (ns)