FITK UIN Jakarta Gelar Olimpiade Matematika Se-Jawa

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FITK, BERITA UIN Online–Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar Olimpiade Matematika (Optika) XII se-Jawa.

Lomba bertajuk “The Power of Math to Make a Better World” tersebut,  diperuntukkan bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Kegiatan ini berlangsung sejak 13 Februari 2012. Selain digelar di masing-masing wilayah, lomba yang dikemas dalam bentuk cerdas-cermat itu juga digelar di kampus UIN dan IAIN se-Jawa. “Kegiatan lomba ini masih berlangsung. Untuk final diselenggarakan pada 26 Februari di UIN Jakarta,” ujar Ketua Pelaksana Olimpiade Frendi Astra.

Dijelaskannya, tujuan penyelenggaraan Optika adalah untuk meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam mempelajari Matematika, memberikan wadah bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang Matematika, mengukur keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran Matematika, dan sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah dan sekolah Islam, khususnya bidang Matematika.

Menurut Frendi, BEM Jurusan Matematika menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kondisi dan mutu madrasah. “Pada saat itu madrasah masih kurang diperhatikan oleh pemerintah dan dianggap tidak mampu bersaing dengan sekolah umum, terutama dalam mata pelajaran sains, yaitu Matematika,” terang dia.

Kegiatan ini, sambung Frendi, pertama kali dilaksanakan pada 1988 dengan nama Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM). “Perubahan nama LCCM menjadi Optika dan wilayah kegiatan yang diperluas hingga seluruh Pulau Jawa menjadi tantangan tersendiri bagi panitia untuk memaksimalkan seluruh potensi sumber daya manusia yang ada dalam kemampuan dan kecerdasannya pada mata pelajaran matematika,” akunya. (Furqan/Saifudin)