Teater FITK, BERITA UIN Online– Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Praktek Profesi Keguruan Terpadu (PPKT), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta mengundang 92 Kepala Sekolah dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi pada Jum’at, (19/1/2018) di Ruang Teater Prof Dr Mahmud Yunus Gedung FITK lt 3.

Wilayah sekolah yang menjadi tempat PPKT, yaitu Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Depok dan Bekasi yang ditetapkan berdasarkan permintaan sekolah dan rekomendasi program studi (prodi).

“Prodi merekomendasikan sekolah-sekolah tersebut berdasarkan pengalaman tahun lalu dan permintaan pihak sekolah, kemudian kita seleksi,” ujar A Royani MHum di sela-sela acara.

Dari delapan prodi yang mengikuti kegiatan ini, lanjut Royani, terkumpul 507 peserta yang akan disebar ke 92 sekolah, rata-rata 5 peserta persekolah. Dosen pembimbing disiapkan sebanyak 105 orang yang bertugas melaksanakan pembimbingan dan monitoring kegiatan dari mulai pembukaan, monitoring sampai pelaksanaan ujian.

Ditegaskannya, kegiatan selama empat bulan ini mencakup pengajaran, penelitian dan pengabdian.

“Senin, 22 Januari 2018 dilaksanakan pembukaan di FITK dan serah terima peserta ke pihak sekolah,” tandas Royani.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr A Sofyan MPd. Dalam sambutannya, Sofyan menyampaikan program PPKT kali ini merupakan program terakhir yang dilaksanakan FITK.

“Nanti akan diganti dengan program Praktek Lapangan Persekolahan (PLP) dan KKN Universitas bergabung dengan fakultas-fakultas lain di UIN Jakarta,” ujar Sofyan.

Pada PPKT, sambung Sofyan, ada pengajaran, pengabdian dan penelitian selama empat bulan. Sekarang menurutnya konten penelitian tidak ada lagi, fokus pada pengajaran dalam Program PLP dengan waktu dua bulan yang dikelola fakultas dan Program KKN dikelola universitas. Masa transisinya medioa medio 2018. (mf)

Share This