Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggeelar seminar pendidikan dan launching komunitas “Ayo Mengajar”. Rabu (29/03).

Auditorium Utama, BERITA UIN Online— Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggeelar seminar pendidikan dan launching komunitas “Ayo Mengajar”. Acara yang mengangkat tema Optimalisasi Peranan Pemuda Dalam Upaya Mewujudkan Indonesia Emas tersebut, dilaksanakan pada, Rabu (29/03), bertempat di Auditorium Harun Nasution, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Muhammad Zuhdi MEd PhD.

Dalam sambutannya, Zuhdi mengapresiasi atas terselenggaranya seminar dan launching komunitas tersebut. Dirinya berharap, dengan adanya seminar itu, mampu menumbuhkan semangat dan motivasi para mahasiswa FITK khususnya untuk senantiasa menanamkan jiwa mendidik dan mengajar dalam diri masing-masing, dimana pun dan sampai kapan pun.

“Jika bangsa ini ingin maju, berkembang, dan kompetitif, maka kita harus mampu mencerdaskan generasi mudanya,” kata Zuhdi.

Selain itu, tambah Zuhdi, untuk mencetak murid atau generasi yang semangat, cerdas, serta kompetitif, maka harus dimulai dari guru atau pendidiknya terlebih dahulu.

“Kita harus menjadi guru dan pendidik yang cerdas, semangat, dan mampu menjadi motivator bagi diri sendiri sebelum memotivator serta mencerdaskan murid atau orang lain.” tandas Zuhdi.

Masih menurutnya, bahwa menjadi seorang pendidik yang ikhlas memiliki misi mencerdaskan generasi penerus, merupakan profesi yang mulia. Pasalnya, dalam agama pun disebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah, mereka yang bermanfaat bagi manusia yang lain.

“Dengan mengamalkan ilmu yang kita miliki, tidak akan mengurangi ilmu yang kita miliki. Justru, dengan mengamalkan ilmu itu sendiri, akan menambah ilmu yang kita miliki. Karena, jika kita ingin mengajar, maka kita harus belajar dan terus belajar,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Zuhdi berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar memanfaatkan momen berharga yang menghadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya tersebut. Dirinya berharap, acara ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan.

Hasil pantauan BERITA UIN di lokasi terlihat, acara tersebut menghadirkan tiga narasumber, diantaranya Dr Bahrissalim MPd (Direktur Madrasah Pembangunan), Ferdinal Lafendry MPd (Motivator International School), dan Andi Angger S SP (Founder Of Banten Mengajar. Aktivis Turun Tangan), dan dihadiri oleh segenap mahasiswa serta sivitas akademika FITK UIN Jakarta. (lrf)

Share This