Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online– Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar kegiatan Pembekalan dan Orientasi Praktek Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) terakhir pada Selasa (16/1/2018) di Auditorium Harun Nasution.

Kepala Lab FITK Ahmad Royani MHum menjelaskan, pembekalan kali ini diikuti 507 mahasiswa di semester genap 2107/2018 dari delapan program studi (prodi), yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Fisika, Kimia, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Arab. Kegiatan dilaksanakan selama empat bulan dari 22 Januari 2018 sampai 18 Mei 2018.

Dijelaskannya, tiga prodi yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan jumlah 180 mahasiswa sudah melaksanakan PPKT di semester ganjil 2017/2018.

Ketidakseragaman ini menurut Royani karena tiga prodi yang sudah terlebih dahulu melaksanakan PPKT menempatkan matakuliah Micro Teaching di semester enam, sehingga semester tujuh sudah bisa melaksanakan PPKT. Sementara delapan prodi yang baru melaksanakan PPKT menempatkan matakuliah tersebut di semester tujuh.

“Sehingga PPKTnya baru bisa dilaksanakan di semester delapan, karena matakuliah Micro Teaching menjadi prasyarat PPKT,” ujar Royani yang berharap ke depan akan diseragamkan, sehingga memudahkan pelaksanaannya.

Ditegaskannya, PPKT kali ini menjadi kegiatan terakhir di FITK. Pasalnya, kegiatan yang telah dilaksanakan dari 2007 di FITK ini pada persiapannya di medio 2018 akan dibuat menjadi dua formasi, dua bulan dilaksanakan di FITK dalam program Praktek Lapangan Persekolahan (PLP) dan selebihnya dilaksanakan universitas dalam kegiatan KKN bersama dengan fakultas lain di UIN Jakarta.

Diketahui, PPKT merupakan kegiatan intrakurikuler aplikatif dan terpadu yang mencakup kegiatan praktik mengajar penelitian kependidikan, dan pengelolaan kependidikan di madrasah/sekolah yang mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai mata kuliah, PPKT berbobot 6 sks yang dilaksanakan sepenuhnya di madrasah/sekolah praktik.

Program ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan keguruan, pelaksanaan kegiatan administrasi pendidikan, penelitian kependidikan, dan pengabdian kependidikan dengan ruang lingkup kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan kegiatan pengabdian kependidikan yang mencakup kegiatan kependidikan, administrasi pendidikan dan penelitian kependidikan. (mf)