Jakarta, BERITA UIN Online—  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta pada, Senin (30/04) lalu, mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk Peran Lobbies Sebagai Bentuk Partisipasi Dalam Perubahan UU Tentang MPR RI, DPR RI Dan DPD RI.

Acara yang berlangsung di Auditorium FISIP UIN Jakarta tersebut, dimulai pukul 09.00 sampai dengan 12.30 Wib. Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut, K Johnson Rajagukguk MHum, Dr Indra Pahlevi MSi, Dr Dzuriyatun Toyibah MSi MA, Dr Ahmad Bakir Ihsan MSi, dan Dr Agus Nugroho MA, sementara moderator dalam seminar tersesebut adalah Ahmad Alfajri MA

Seminar tersebut, secara resmi dibuka oleh Prof Dr Zulkifli MA selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta. Dalam sambutannya, Dekan mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Dirinya menegaskan, tujuan adanya penandatanganan MoU pada kesempatan yang sama itu, maka ke depan mahasiswa UIN Jakarta dapat melakukan magang dan internship di DPR, MPR dan DPD RI.

Dalam pemaparannya, Dr Indra Pahlevi MSi, dari Badan Keahlian DPR RI mengatakan, bahwa keterampilan lobby adalah kemampuan dalam mengolah dua hal, yaitu kontak dan pengaruh jangka panjang. Selain itu, seluruh aktivitas lobby diawali dan diakhiri dengan adanya kontak baik informal maupun formal untuk menciptakan pengaruh positif.

Sebagai informasi, dalam penandatanganan tersebut, pihak UIN Jakarta diwakili oleh Dekan FISIP Prof Dr Zulkifli MA, sedangkan dari pihak Badan Keahlian DPR RI diwakili oleh K. Johnson Rajagukguk MHum. (lrf/Alphy)