Gd. Auditorium Utama, Berita UIN Online— “Alam Indonesia mendapatkan peringkat ketiga setelah Brasil sebagai negara yang mempunyai kekayaan keanekaragaman hayati,” papar Dr Ir Amir Wardama M.For Sc (Sekertaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementrian Lingkungan Hidup), ketika memberikan materi talkshow yang digelar oleh Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDK) dengan tema Melihat Alam dari Lensa Kamera, Senin (10/11).

Amir Wardana megungkapkan bahwa Indonesia mempunyai potensi keterwakilan ekosistem di setiap sektor, mulai dari ekosistem gambut, pegunungan, marine, dan juga hutan hujan. “alam Indonesia yang sangat indah harus dimanfaatkan dan juga dilestarikan, kita bisa dengan cara mengabadikannya lewat foto” jelasnya.

Amir menambahkan, dengan memanfaatkan foto alam Indonesia, bisa mengusik rasa cinta untuk menikmati, dan juga mengingatkan bahwa alam banyak memberi manfaat bagi kehidupan.

Selain itu Produser Net TV Satria menjelaskan, dengan memutarkan video Indonesia Bagus, banyak memberikan informasi dan juga edukasi bahwa Indonesia mempunyai alam yang sangat indah.

“Program tersebut, dapat membangkitkan rasa cinta kita kepada alam Indonesia, dan juga memberikan informasi bahwa kita memiliki alam yang indah dan terjaga, jadi tidak ada niatan untuk merusaknya” terangnya.

Selain dua narasumber tersebut, hadir pula Zenzi Suhadi (Manajer Kampanye Hutan dan Perkebunan skala Besar WALHI) dan Ully Rusadi (Aktivis Lingkungan dan Budayawan). Senada dengan Satria, Ully Rusadi juga memberikan video mengenai Mata Air, dimana melestarikan mata air adalah salah satu tindakan utama yang nyata dari pelesatarian alam.

“Dengan melestaraikan mata air sebagai makanan utama alam, kita bisa menjaga kestabilan alam, karena air adalah sumber kehidupan makhluk di ala mini,” tandasnya sembari memperlihatkan foto-foto aksi nyata melestarikan mata air.

“Banyak cara untuk mencintai alam salah satunya dengan berbuat nyata dan mengabadikannya”jelas aktivis nyentrik tersebut.

Selain Talkshow, acara yang diusung oleh DnK TV Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi (FIDK) ini juga menggelar bedah film documenter “Mdpl”. Film tersebut adalah karya dari DnK TV bekerjasama dengan UKM Ranita. Bedah film tersebut menghadirkan Dik Doank (Duta insane Berwawasan Lingkungan), Sha Ine Ferbiyanti (Sineas) dan Kang Asep (Wanadri). (FNH/LRF)

Share This