Fidikom UIN Jakarta–Tangsel Pos Tandatangani MoU

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Reporter: Nur Fitriyani

Gedung Fidikom, BERITA UIN ONLINE – Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) UIN Jakarta dan Tangsel Pos sepakat menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, publikasi, dan pemasaran media.

Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Dekan Fidikom Dr Arief Subhan MA dan General Manager Tangsel Pos Atho Al Rahman, serta disaksikan oleh Kepala Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Drs Jumroni MSi, di Ruang Teater Prof Dr Aqib Suminto, Selasa (25/9).

Dalam naskah MoU disebutkan, tujuan diadakannya kerja sama ini adalah untuk memanfaatkan sumber daya manusia dan kemampuan yang dimiliki para pihak untuk secara bersama-sama melaksanakan kegiatan publikasi, pemasaran, pendidikan, pelatihan, dan pemagangan.

Menurut Arief Subhan, jika kerjasama antara Fidikom dengan Tangsel Pos ini bisa berjalan dengan lancar, maka dinamika kehidupan kampus UIN Jakarta dan kampus-kampus lain di wilayah Tangerang Selatan dapat ter-cover dengan baik dalam satu wadah. Hal itu menjadi sangat menarik, tidak hanya sebagai usaha untuk mengaitkan antara kampus dengan masyarakat, namun juga sebagai penghubung dan sarana pertukaran informasi antarkampus di Tangerang Selatan.

“Bagi mahasiswa sendiri, kerjasama ini tentu sangat bermanfaat dan menguntungkan. Rubrik yang disediakan oleh Tangsel Pos ini nantinya akan dikelola oleh mahasiswa sebagai pengisinya. Mahasiswa meliput, menulis, kemudian melaporkan apa yang ditulis. Hal ini menjadi menarik apalagi dilakukan oleh mahasiswa yang memang secara spesifik mempelajari ilmu jurnalistik,” katanya.

Sementara itu, reporter Tangsel Pos Mohamad Sholeh pada launching rubrik “Newbie Campus” mengatakan, dengan munculnya rubrik Newbie Campus mahasiswa sebagai sasaran konten diharapkan mampu menjadi bagian dalam menuangkan ide di dalamnya, yakni menjadi wartawan mahasiswa.

Selain penandatanganan MoU dan launching rubrik Newbie Campus, pada acara itu juga diadakan diskusi santai bertema “Jurnalistik itu Menyenangkan Loch” yang diisi General Manager Tangsel Pos Atho Al Rahman dan reporter TVOne Ana Susanti. Sebagai penutup, dilakukan juga peluncuran program pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa angkatan pertama yang dijadwalkan akan dimulai pada 2 Oktober mendatang. (ns)