Fidikom Gelar Pameran Video Kreatif

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Apristia Krisna Dewi

Gedung Fidikom, BERITA UIN Online - Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) selenggarakan pameran video kreatif ‘ Pemutaran Video Karya Mahasiswa Fidikom dan Diskusi Publik’ di Gedung Fidikom. Acara ini berlangsung selama empat hari (4-7/4).

Ketua Panitia Deddy Fachrudin S.Sos menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi DnK TV, televisi komunitas milik Fidikom, kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Konsentrasi Jurnalistik  terhadap kreasi video film mereka. Kreasi video film ini dibuat mahasiswa KPI dan Jurnalistik dalam rangka tugas Produksi Siaran Televisi dan dikemas baik dalam bentuk film dokumenter maupun film fiksi.

“Para mahasiswa sudah berupaya keras serta banyak tenaga, pikiran, waktu dan materi yang dikorbankan untuk membuat video film ini maka itu saatnya bagi kami untuk mengapresiasi karya mereka dalam bentuk pameran ini,” kata Deddy yang juga Kepala Operasional DnK TV.

Dedy juga menambahkan sangat penting supaya video hasil karya mahasiswa Fidikom ini diputar dalam pameran. Sehingga berbagai kalangan khususnya civitas akademia UIN dapat menontonnya. “Dengan itu kami berupaya memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menunjukan potensi karya mereka dan karya  tersebut dikenal sehingga kami berharap supaya mahasiswa Fidikom dapat termotivasi untuk semakin berkarya,” ujar Dedy.

Dia juga berharap dengan diselenggarakannya pameran video kreatif ini dapat menjadi ikon bagi Fidikom UIN Jakarta.

Sementara itu, untuk memeriahkan even ini, dilanjutkan dengan diskusi publik setelah pemutaran video film. Diskusi Publik yang mengangkat tema ‘Kunci Rahasia  Mahasiswa Jadi Jurnalis Video Sukses’ dengan menghadirkan M. Rifqi Alghifarie sebagai narasumbernya. Menurut Rifqi, ada tiga kunci rahasia agar mahasiswa  sukses menjadi Jurnalis video. Pertama, perbanyak jaringan di luar kampus karena dengan luasnya jaringan dapat memudahkan untuk mengenal orang baru dan memperbanyak kerabat sehingga memberikan peluang  untuk mendapatkan informasi.

Kedua, lanjutnya, memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan mau belajar  termasuk belajar memproduksi karya video jurnalistik kepada wartawan senior dan handal. Dan ketiga, memiliki kepercayaan diri dan mental yang kuat.

”Hanya dengan kunci tersebut, dapat memotivasi bagi para calon jurnalis untuk semakin maju dan berkarya untuk meraih kesuksesan,” tandas Rifqi yang juga wartawan Metro TV ini.