FEB UIN Jakarta-FEB UNUD Kerjasama Penguatan Mutu Jurnal

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Tim Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta dan Tim Jurnal FEB Universitas Udayana (Unud) siap bersinergi untuk mengakselerasi peningkatan mutu jurnal terbitan masing-masing lembaga. Komitmen sinergi dicapai dalam studi banding penerbitan jurnal akademik FEB UIN Jakarta ke FEB Universitas Udayana, Bali, Kamis-Sabtu (27-29/10/2016).

Tim Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta dan Tim Jurnal FEB Universitas Udayana (Unud) siap bersinergi untuk mengakselerasi peningkatan mutu jurnal terbitan masing-masing lembaga. Komitmen sinergi dicapai dalam studi banding penerbitan jurnal akademik FEB UIN Jakarta ke FEB Universitas Udayana, Bali, Kamis-Sabtu (27-29/10/2016).

Bali, Berita UIN Online— Tim Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta dan Tim Jurnal FEB Universitas Udayana (Unud) siap bersinergi untuk mengakselerasi peningkatan mutu jurnal terbitan masing-masing lembaga. Komitmen sinergi dicapai dalam studi banding penerbitan jurnal akademik FEB UIN Jakarta ke FEB Universitas Udayana, Bali, Kamis-Sabtu (27-29/10/2016).

M. Nur Rianto Al Arief, Editor In Chief Jurnal Signifikan FEB UIN Jakarta mengungkapkan, kegiatan studi banding diisi dengan diskusidan pertukaran informasi pengelolaan jurnal. Selanjutnya, kedua pengelola sepakat bersinergi untuk melakukan pelatihan dan pertukaran naskah artikel jurnal. Pertukaran diharap memenuhi standar komposisi artikel dalam setiap terbitan.

“Dari studi banding ini, kami ingin bersinergi dengan pengelola jurnal FEB Universitas Udayana tidak hanya jurnal yang sudah terakreditasi, melainkan juga jurnal lain yang dikelola FEB Universitas Udayana. Termasuk pemenuhan kebutuhan naskah artikel,” ujar Arief.

Arief menambahkan, studi banding juga bertujuan agar jurnal-jurnal kedua fakultas yang belum diakreditasi bisa segera memenuhi syarat akreditasi. Diketahui, FEB UIN Jakarta memiliki Jurnal Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi dengan akreditasi ‘B’. Adapun FEB Universitas Udayana memiliki Jurnal Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan dengan akreditasi ‘B’ dan Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan berakreditasi “B”. “Hal ini yang menjadi dasar pertimbangan sinergi secara akademis dapat menguntungkan kedua belah pihak,” tambah Arif.

Selain Jurnal Signifikan, FEB UIN Jakarta diketahui memiliki beberapa jurnal lainnya, yakni Jurnal Etikonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Jurnal Esensi: Jurnal Manajemen dan Bisnis dan Jurnal Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi. Adapun FEB Universitas Udayanan memiliki Jurnal Matrik, JIAB, BSE dan Ekonomi Kuantitatif Terapan.

Senada dengan Arief, Ni Wayan Ekawati, Editor In Chief Jurnal Matrik, juga menyambut baik komitmen sinergi kedua belah pihak. Menurutnya, ia amat merespon positif dengan upaya pengembangan mutu jurnal sebagai wadah publikasi hasil riset dosen-dosen. “Bahkan sejak surat permohonan studi banding diterima, kami langsung merespon dengan positif,” katanya.

Studi banding ini diikuti oleh sejumlah pengelola jurnal FEB UIN Jakarta. Diantaranya, Ketua Tim Jurnal M. Nur Rianto Al Arief, Zuhairan Y. Yunan selaku Editor In Chief Jurnal Etikonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Ismawati Hariwibowo selaku Editor, Fitri Damayanti selaku Editor ditambah Asisten Editor, Edi Setiawan, Adam Chamubar dan Afried Lazuardi Purnazaman.

Dari Universitas Udayana sendiri, studi banding diikuti Ni Wayan Ekawati selaku Editor In Chief Jurnal Matrik, Ni Wayan Sukadana selaku Editor In Chief Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, Ni Made Ratih Kusuma Dewi selaku Section Editor Jurnal JEKT, IGA, Eka Damayanthi selaku Redaktur Jurnal JIAB, dan Amita Nugraheni Saraswaty selaku Editor Jurnal BSE. “Mudah-mudahan sinergi ini terlaksana dengan baik,” harap Arief. (alfred/zm)