FEB Akan Kerjasama dengan Universitas Jerman

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Hamzah Farihin

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online - Jika tak ada aral melintang, pada November 2012 mendatang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta akan melakukan kerjasama dengan Amberg-Weiden University of Applied Sciences dan Deggendorf University of Applied Sciences, Jerman. Hal itu diketahui dari pertemuan antara pimpinan FEB, UIN Jakarta, dan duta  universitas Jerman Prof Margareth Greeferev, di Ruang Rektor, Rabu (19/10).

Penjajakan kerjasama antara FEB dengan kedua universitas tersebut kini tengah berlangsung. FEB rencananya akan bekerjasama dengan kedua universitas tersebut dalam bidang manajemen international untuk gelar ganda (double degree).

Menurut Pembantu Rektor Bidang Pengembangan Lembaga dan Kerjasama Dr Jamhari MA, pihaknya menyambut baik rencana kerjasama FEB dengan kedua universitas Jerman tersebut. Pihak rektorat juga dengan senang hati akan mempersiapkan dan mempermudah kebutuhan kerjasama ini.

“Namun saat ini masih pada  tahapan negosiasi, diskusi serta pembuatan proposal guna melengkapi persyaratan. Sehingga kedatangan duta universitas dari Jerman ini, belum bisa kami laksanakan teken kontrak kerjasama secepatnya, perlu waktu untuk mengkaji dulu,” kata Jamhari.

Selain Jamhari dan duta universitas Jerman, pertemuan itu juga dihadiri Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum FEB Prof Ahmad Rodoni serta sejumlah dosen Prodi Manajemen.

Adapun teknisnya, lanjut Jamhari, untuk mendapatkan gelar ganda ini, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan semester satu hingga empat di UIN Jakarta, sedangkan semester lima hingga tujuh di kedua universitas yang ditawarkan ini. Tetapi semester delapan mahasiswa bisa mengikuti kuliah di UIN maupun di Jerman.

“Namun itu semua masih dalam tahap wacana belum deal. Maka selama setahun ke depan akan dimanfaatkan guna mengintensifkan kedua belah pihak, untuk diskusi dan wacana  terbaru terkait program yang akan diambil, begitu juga biaya serta prosedur lain,” terangnya.

Untuk mengintensifkan kerjasama ini, dalam waktu dekat duta universitas Jerman akan membawa mahasiswanya baik dari pihak universitas Amberg Weiden maupun Degeendorf untuk mengunjungi dan studi banding ke UIN Jakarta. Demikian juga sebaliknya UIN Jakarta diharapkan akan menyambangi Jerman.

“Mudah-mudahan sebelum dilakukannya teken kontrak November 2012 mendatang, perwakilan mahasiswa Universitas Amberg Weiden dan Degeendorf akan mengunjungi UIN Jakarta guna studi banding,” tuturnya. []