FDI Borong 3 Juara Dalam Satu Bulan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Mahasiswa FDI, M. Faqihus Syar’i terpilih menjadi Pemakalah Terbaik dalam lomba bertema ’‘Era Baru Kebangsaan Bahasa Arab’’, yang diadakan Festifal Timur Tengah (FTT) UI di Universitas Indonesia, Depok, Selasa (26/4). Faqih memaparkan makalah berjudul Bahasa Arab dan Kebudaya’an Islam.

Mahasiswa FDI, M. Faqihus Syar’i terpilih menjadi Pemakalah Terbaik dalam lomba bertema ’‘Era Baru Kebangsaan Bahasa Arab’’, yang diadakan Festifal Timur Tengah (FTT) UI di Universitas Indonesia, Depok, Selasa (26/4). Faqih memaparkan makalah berjudul Bahasa Arab dan Kebudaya’an Islam.

Gd. FDI, BERITA UIN Online—Prestasi membanggakan kembali diperoleh mahasiswa-mahasiswi berbakat Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) yangberhasil memenangkan beberapa lomba yang diikuti pada bulan April 2016. Banyaknya lomba yang diadakan oleh berbagai pihak dan banyaknya peserta yang mengikuti lomba tak membuat mahasiswa-mahasiswiFDI minder untuk bisa memenangkan lomba-lomba yang cukup ketat tersebut. Hal ini terbukti dengan berhasilnya beberapa mahasiswa-mahasiswi FDI memperoleh juara.

Kemenangan pertama diperoleh tim Debat FDI yaitu In’amuzzahidin Ali, Khairul Mufid Zubairi, dan Novi Novera. Mereka berangkat pada Minggu (3/4) menuju Cirebon dengan mewakili nama Fakultas dan Universitas untuk mengikuti perlombaan Gebyar Bahasa Arab (Gba) di IAIN Cirebon yang berlangsung selama 4 hari. Untuk memeriahkan acara ini, IAIN Cirebon meliburkan perkuliahan dan sebagai gantinya, mahasiswadiberi tugas khusus dari dosen-dosen mereka yang berkaitan dengan Bahasa Arab.

Dengan dibekali kemampuan bahasa Arab yang baik dan kepercayaan yang tinggi, tim debat FDI mampu bersaing dengan tim-tim debat lainnya yang tak kalah hebat pula. Setelah menyisihkan beberapa tim lawan, seperti tim debat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan IAIN Raden Intan Lampung, akhirnya tim debat FDI meraih juara 3 setelah berhasil dikalahkan oleh Tim Debat dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di perebutan juara ketiga, dan pulang membawa piala untuk dipersembahkan kepada fakultas.

Prestasi ke-2 yang juga membanggakan diraih oleh mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah yang bernama M. Faqihus Syar’i semester 2 yang mampu menjadi Pemakalah Terbaik dalam perlombaaan yang bertema ’‘Era Baru Kebangsaan Bahasa Arab’’, yang diadakan oleh Festifal Timur Tengah (FTT) UI di Universitas Indonesia (UI), Depok. Faqih Mampu menerangkan makalah yang berjudul Bahasa Arab dan Kebudaya’an Islamdengan sangat detail dan terperinci di hadapan juri berkebangsaan Al-Jazair, dengan menggunakan bahasa arab yang fasih dan lancar. Faqih akhirnya mampu menyabet juara sebagai Pemakalah Terbaik yang diumumkan saat penutupan acara, Selasa (26/4).

Prestasi ke-3 ditorehkan oleh Husni Mulyawati mahasiswi Fakultas Dirasat Islamiyah semester 6 yang berhasil menyabet peringkat ketiga dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Tingkat Kota Batam bidang Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ) di Batam Center pada hari Kamis, 21 April 2016. Mahasiswi yang biasa disapa Husni ini berhasil meyakinkan juri dengan makalah dan presentasinya yang berjudul Gender dalam Perspektif Al-Qur’an: Moderasi Antara Patriarki dan Feminisme.

“Ini merupakan prestasi terbaik yang didapatkan oleh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Dirasat Islamiyah yang bisa diperoleh hanya dalam jangka waktu satu bulan. Hal ini juga menjadi motivasi yang sangat baik untuk mahasiswa-mahasiswi lainya untuk bisa terus mengasah bakat-bakat yang di miliki dan mampu mengikuti dan memenangkan dalam berbagai lomba.” Demikian komentar Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Dirasat Islamiyah Dr. Cahya Buana MA saat diwawancara tentang pretasi mahasiswa/i FDI. (Laporan Fadhel Muhammad)