FAH Luncurkan Buku Biografi Prof Dr Bustami Abdul Gani

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FAH, BERITA UIN Online– Untuk mengenang jasa almarhum Prof Dr Bustami Abdul Gani dalam pengembangan bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri (dulu IAIN sekarang UIN Jakarta), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta bekerjasama dengan keluarga besar almarhum Prof Dr Bustami Abdul Gani menggelar Peluncuran Buku Biografi Prof Dr Bustami Abdul Gani dan Seminar Nasional pada Rabu, (24/4/13).

“Beliau adalah seorang pioner yang memiliki jasa besar atas berdirinya IAIN Jakarta dan Fakultas Adab,” ujar Prof Dr Moh Matsna HS, Wakil Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya saat membuka acara seminar sekaligus meresmikan ruang teater Lt. 4 FAH dengan nama Ruang Teater Prof Dr Bustami Abdul Gani.

Matsna berharap, dengan peluncuran buku biografi almarhum Prof Dr Bustami Abdul Gani yang bertepatan dengan milad ke-56 UIN Jakarta ini, dapat menjadi inspirasi bagi penggiat Bahasa Arab untuk meniru perjuangan dan pemikiran Prof Bustami dalam pengembangan bahasa Arab, khususnya di UIN Jakarta.

“Program Studi (prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) ini adalah induknya FAH, kalau tidak ada orang yang konsen dan ahli dalam bidang bahasa Arab seperti beliau, dikhawatirkan habis peminatnya dan prodi ini bakal ditutup,” tandas Guru Besar Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) itu.

Pada kesempatan yang sama, Prof Dr Fathurrahman Rauf yang juga nara sumber pada acara seminar bertajuk “Membincang Pemikiran dan Biografi Prof Dr Bustami Abdul Gani” tersebut menceritakan kekagumannya terhadap almarhum semenjak menjadi mahasiswanya pada 1957 silam.

“Beliau sangat mapan dalam linguistik Arab, baik tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik. Selain itu, kemampuannya dalam bidang Sastra Arab, baik sejarah sastra, teori sastra, maupun kritik sastra, sangat hebat,” ujar guru besar Bahasa dan Sastra Arab FAH itu.

Begitupula dengan Dr Muhbib A Wahab MA, mantan Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FITK. Ia mengakui kepakaran Prof Dr Bustami dalam menjelaskan istilah-istilah bahasa Arab yang sulit untuk dipahami.

“Waktu saya menjadi mahasiswa beliau di Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta pada 1997, dalam Kitab Ta’riful Hadats al-Arabi karangan Is’al al-Iskandari banyak sekali istilah-istilah yang sulit dipahami, tapi beliau menjelaskannya secara gamblang dan sangat baik,” akunya.

Dalam peluncuran buku biografi yang berjudul Sang Begawan Bahasa Arab” itu, seluruh peserta yang hadir mendapatkan satu paket souvenir yang berisi buku biografi Prof Dr Bustami Abdul Gani, 2 buah buku Tuntunan Islam, 1 majalah berbahasa Arab, 1 Jurnal al-Turas, serta sebuah sajadah. (Muhammad Furqon)