FAH Bahas Pembukaan Magister Sastra Arab

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung FAH, Berita UIN Online – Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) berencana akan membuka Program Magister Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Pembukaan Magister BSA dilakukan guna memberikan kesempatan bagi lulusan sarjana S1 melanjutkan studi S2 bidang BSA.

Dalam proses penyusunan kurikulum Magister BSA di Ruang Sidang FAH, Kamis (10/2), Ketua Tim Perumus Prof Dr Syukran Kamil menyatakan, pembukaan Magister BSA sangat mendesak mengingat animo masyarakat mendalami bahasa Arab cukup tinggi. Demikian juga pasar lulusan ahli bahasa Arab sangat terbuka lebar.

“Kita menginginkan pembukaan Magster BSA di FAH ini benar-benar kredibel dan marketabel, sehingga menarik minat masyarakat,” katanya.

Karena itu pada kurikulum yang akan diberlakukan di Magister BSA harus benar-benar memenuhi standar kurikulum yang tak hanya berlaku di Indonesia tetapi juga di luar negeri. “Kurikulum dan mata kuliah yang diajarkan harus menyangkut banyak aspek, misalnya meliputi linguistik, semantik, sejarah, susastra, dan aspek-aspek yang menyangkut kekinian,” lanjutnya.

Kurikulum Magister BSA disusun tak jauh berbeda dengan kurikulum program S1 namun ada penguatan di sejumlah mata kuliah, baik wajib maupun pilihan. Menurut guru besar FAH Prof Dr Fathurrahman Rauf, desain kurikulum tersebut memiliki beberapa sifat, di antaranya metodologis, analisis, pendalaman, serta kajian dan kritik.

“Intinya bagaimana kurikulum Magister BSA kompetitif dan responsif di era global,” katanya.

Pembukaan program Magister pada bidang keilmuan yang bersifat monodisiplin di UIN Jakarta terus dilakukan. Hal ini sejalan dengan pengembalian program studi monodisiplin dari Sekolah Pascasarjana ke fakultas masing-masing. Hingga kini tercatat sudah ada lima Program Magister yang dibuka di UIN Jakarta, yakni Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Pendidikan Bahasa Arab di Fakukultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Magister Psikologi di Fakultas Psikologi, dan Magister Agribisnis di Fakultas Sains dan Teknologi.

Selain Magister BSA di FAH, Program Magister yang akan segera dibuka ke depan adalah Magister Hukum Bisnis dan Islamic Finance di Fakultas Syariah dan Hukum. (ns)